Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen Berniat Tinggalkan Sepak Bola Jerman

Kompas.com - 23/11/2015, 08:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif – Dampak “dieselgate” terus menggerogoti tubuh grup Volkswagen (VW). Kemampuan finansial kini dialihkan untuk menyelesaikan masalah global itu, efeknya VW harus mengencangkan ikat pinggang.

Salah satu opsi terakhir yang tengah dipertimbangkan pihak manajemen adalah, menarik dukungan buat klub sepak bola di Jerman.

Pekan lalu, dikabarkan kalau VW sedang mempertimbangkan kucuran dana sponsor untuk empat klub sepak bola di Jerman, yakni divisi utama Hannover 96, Werder Bremen, dan Schalke 04, sekaligus 1860 Munich dari divisi kedua. Volkswagen meletakan dana 1,5 juta euro setiap musim buat masing-masing klub.

Volkswagen menyatakan sepak bola adalah pilar besar strategi sponsor, namun jelas masalah penipuan uji emisi mesin diesel di Amerika Serikat memengaruhi strategi global.

“Belum diputuskan seberapa besar volumenya,” tulis Volkswagen dalam jawaban via surat elektronik kepada Automotive News.

“Dieselgate” adalah kasus terparah sepanjang sejarah Volkswagen yang telah berusia 78 tahun. September lalu, aksi ilegal diakui dan dikatakan melibatkan 11 juta kendaraan di seluruh dunia.

Volkswagen sudah menyatakan bakal memangkas 1 miliar euro dari rencana investasi tahun depan untuk menanggulangi masalah. Keputusan itu akan mengurangi total investasi 2016 dari 13 miliar euro menjadi 12 miliar euro.

Selain sepak bola, dukungan buat klub hoki es Grizzlys Wolfsburg juga terancam dicabut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com