Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya AHM Menyambung Rantai Dunia Pendidikan dan Usaha

Kompas.com - 05/12/2015, 11:23 WIB

Sidoarjo, KompasOtomotif – Salah satu kendala yang masih terjadi dalam sektor otomotif, adalah belum ada rantai penyambung antara dunia pendidikan dan usaha.

Guna menyelaraskan ini, PT Astra Honda Motor (AHM) kemudian mencanangkan Program Pemberdayaan Lulusan SMK di Fasilitas Training PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (5/12/2015).

Adalah upaya mengembangkan wirausaha layanan servis sepeda motor untuk mendorong terciptanya generasi muda yang mandiri sekaligus bisa melahirkan lapangan kerja baru bagi sesama alumni SMK.

Kegiatan di bidang perbengkelan ini merupakan bagian dari upaya pengembangan lebih lanjut Program Pendidikan Satu Hati binaan AHM. Suatu kegiatan berupa transfer teknologi dari produsen sepeda motor ke bangku sekolah, lewat implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda.  

Ketua Program Pendidikan Satu Hati AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, komitmen ini diimplementasikan dengan mengembangkan KTSM Honda untuk para guru dan siswa di SMK di seluruh Indonesia sehingga pengetahuan dan keterampilan teknis mereka selalu terupdate sesuai dengan teknologi yang ada di sepeda motor yang beredar di pasar.

“Kami wujudkan link and match sekolah dengan dunia kerja melalui Program Pendidikan Sekolah Satu Hati. Kami ingin alumni SMK bisa mempraktikkan ilmunya dengan memberikan layanan service di bengkel yang mereka kelola sendiri,” kata pria yang akrab disapa Muhib ini.

MoU

Guna memperluas implementasi Program Pendidikan Satu Hati, di hari yang sama AHM bersama MPM melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan 16 SMK di wilayah Jawa Timur.

SMK tersebut adalah SMK Islam Blitar, SMKN 2 Jiwan Madiun, SMKN 1 Singgahan Tuban, SMKN 2 Pamekasan, SMKN 1 Sambeng Lamongan, SMKN 1 Suboh Situbondo, SMK PGRI 1 Surabaya, SMK PGRI Mojokerto, SMK Senopati Sidoarjo, SMKN Winongan Pasuruan, SMKN 1 Badegan Ponorogo, dan SMK Suramadu Bangkalan.

Kemudian empat SMK lainnya berasal dari Malang, yaitu SMKN 9 Malang, SMKN 10 Malang, SMKN 12 Malang, dan SMK Nasional. Penandatangan kerja sama ini semakin memperbanyak jumlah SMK yang mengimplementasikan KTSM Honda yang secara nasional saat ini sudah mencapai 465 SMK. Sebanyak 66 SMK di antaranya berada di wilayah Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com