Satu Unit All-New Innova Lahir Tiap 90 detik

Kompas.com - 24/11/2015, 09:41 WIB
Produksi All-New Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang I, Jawa Barat. Febri Ardani/KompasOtomotifProduksi All-New Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang I, Jawa Barat.
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif – Dana Rp 5 triliun yang digelontorkan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk renovasi jalur produksi All-New Kijang Innova, sekaligus meningkatkan penggunaan robot.

Otomatisasi itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas, akurasi, durabilitas, serta mempercepat proses produksi.

Direktur Produksi Engineering Toyota Motor Manufaturing Indonesia (TMMIN) Karawang I, Nandi Julianto, Senin (16/11/2015), mengatakan setiap 1,6 menit pabrik melahirkan satu unit Innova terbaru.

“Sebenarnya bisa 1,5 menit tapi karena produksinya masih bertahap dan memastikan kualitas domestik dulu mungkin saat ini kita masih berjalan kira-kira 50 persen,” ujar Nandi.

Produksi generasi kedua Innova telah dilakukan pada pekan pertama November lalu. Produksi awal sekitar ratusan unit, ditujukan untuk pengecekan kualitas lebih dulu sebelum disebar ke diler-diler resmi Toyota.

“Kita ada namanya produksi konfirmasi, jadi kita produksi sekian ratus unit untuk dicek semua dulu. Itu sudah standar. Berapa model, berapa varian, itu nanti menetukan jumlah unit yang kita harus dievaluasi,” ucap Nandi.  

Total kapasitas produksi pabrik Karawang I mencapai 130.000 unit per tahun buat dua model, Innova dan Fortuner yang ditujukan untuk pasar domestik dan ekspor. Khusus untuk Innova pada tahun ini, volume produksinya mencapai 60.000 unit (termasuk model lama). Ekspektasi pasar All-New Kijang Innova di Indonesia di antara 1.000 – 1.500 unit per bulan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X