Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Perawatan Mobil

Jaga Kilap Mobil Baru Anda!

Kompas.com - 11/01/2014, 10:23 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Punya mobil pribadi adalah dambaan setiap orang, tapi setelah memiliki jangan justru malas merawat. Dengan perawatan yang telaten selain mobil terlihat kinclong dan rapi, salah satu yang paling kongkret adalah nilai purna jual kendaraan yang relatif terjaga.

Lantas, apa yang wajib dilakukan untuk menjaga ini? Paling dasar adalah dengan mempertahankan kilap mobil Anda seperti waktu pertama kali beli. Untuk mengetahui caranya, KompasOtomotif berbicang dengan Iman Julian Harahap, pemilik sekaligus pendiri Marvel Solitaire, butik poles mobil di bilangan Cipete, Jakarta Selatan. Dari obrolan ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk bisa mempertahankan kilap mobil baru.

Teknik Mencuci
Pertama, teknik mencuci. Hal paling dasar untuk menjaga kilap mobil baru adalah dengan rajin-rajin mencuci. Tapi, teknik harus benar dan jangan asal cuci. Pilihlah lokasi mencuci yang teduh, jangan langsung tersengat sinar matahari. Waktu yang ideal untuk mencuci mobil sekitar pukul 07.00-10.00 atau 16.00-18.00. Ketika mencuci wajib dilakukan per bagian dan tidak terburu-buru. Mulailah mengerjakan dari bawah ke atas, mulai dari pelek, naik ke bemper, pintu, kaca, sampai akhirnya atap mobil.

"Konsepnya, jangan membasuh bagian mobil yang belum mau dicuci. Soalnya, kalau sudah dibasuh dan didiamkan terlalu lama justru yang timbul bercak air di atas bodi," jelas Iman. Juga, jangan menggunakan spons yang sama untuk bagian pelek dan bodi mobil. Kotoran yang biasanya lebih banyak di pelek bisa tertahan di spons, ketika digunakan untuk bodi, justru bisa menimbulkan baret.

"Untuk musim hujan, boleh menggunakan shampoo untuk membantu membasuh kotoran yang lebih tebal di bodi. Tapi, kalau musim kemarau menggunakan air saja cukup," tambah Iman.

Pelapisan
Kedua, setelah dicuci bersih dan tidak tertinggal noda sama sekali, maka kondisi cat mobil Anda sudah dalam kondisi ideal. Cukup menambahkan produk "waxing" untuk memberikan lapisan khusus pada cat mobil sehingga tidak langsung terkena sengatan matahari. Supaya lebih ciamik lagi, bisa membeli produk-produk perlindungan cat (paint protection) yang ada di toko aksesori.

Caranya cukup mudah, sama seperti teknik mencuci, di mulai dari bawah bodi sampai ke atas. Bisa juga dari depan ke belakang mobil. Gunakan spon khusus untuk membalur seluruh bodi dengan cairan pemoles. Jangan menaruh bahan polesan di permukaan cat dengan tangan karena bisa merusak kulit manusia.

Sampai saat ini tidak ada cara baku menggosokkan pemoles ke permukaan cat. Pada salon mobil profesional, mereka menggunakan mesin dengan arah polesan memutar. Teknik ini tidak mutlak! Juga bisa arah kanan-kiri atau atas-bawah. Pastikan, seluruh bagian bodi digosok dengan baik. Diamkan sekitar 3-5 menit, kemudian lap dengan bahan mikrofiber, bisa juga dengan kain katun bersih.

"Jangan bingung memilih pemoles mobil yang bersifat instant shine yang banyak tersedia di pasar. Memang tak bisa dipungkiri, konsep ada uang ada barang berlaku di sini," beber Iman.

Rutin
Ketiga, hal terakhir dan yang paling penting untuk menjaga mobil baru selalu kinclong, adalah adalah rutinitas. Padatnya jadwal Anda membuat proses perawatan ini menjadi hal sepele dan kerap ditinggalkan. Baru teringat atau tergugah ketika sudah ada bercak atau baret di bodi.

Proses perlindungan cat dengan wax atau paint protection harus dilakukan minimal seminggu sekali. Untuk detailing, jangan ragu untuk pergi ke salon mobil sehingga mendapat hasil lebih maksimal. "Kalau musim hujan seperti ini, idealnya datang ke salon seminggu sekali. Tapi, kalau sudah musim panas dan mobil sudah terlindung dengan wax atau paint protection, sebulan sekali cukup di luar perawatan di rumah," papar Iman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com