Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, ke Salon Mobil

Kompas.com - 11/07/2009, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Kebersihan mobil mencerminkan kepribadian pemiliknya. Dekilnya bodi karena jarang dicuci, bukan saja tidak peduli, menandakan kalau sang empunya jorok. Apalagi kelir hitam dan putih, mesti mendapat perhatian khusus.

Nah, kalau enggak mau dicap jorok, masukan kendaraan ke salon mobil. Masuknya musim panas, tempat cuci dan salon mobil mulai kebanjiran order. Selain bikin "kinclong" tampilan, dengan rajin dicuci, mencegah karat menggerogoti bodi.

Kini, salon mobil tumbuh bak jamur di msuim hujan. Mulai dari yang mengkhususkan diri sampai tempat cuci mobil pun membuka paket berikut poles bodi. Seperti Pondok Labu Motor di Jl. RS Fatmawati No.25, Jakarta Selatan yang ditemui Kompas.com hanya melayani perawatan ringan (cuci mobil). Kalau mau poles, kata seorang karyawan, bisa dan akan dikerjakan oleh pemoles panggilan.

Medium dan berat
Beda dengan Seven Ten , masih dibilangan Jl. RS Fatmawati No.7 menawarkan perawatan lengkap. Mulai dari cuci steam, poles hingga lapisan perlindungan khusus untuk daya tahan cat mobil Anda.

Achmad Tjahyana, selaku store manager Seven Ten mengatakan konsumen ditawarkan beberapa paket perawatan mobil. Mulai dari yang teringan hingga berat. Setiap jenis mobil memiliki harga yang beda.

"Setiap jenis mobil kita bagi menjadi empat. Sama seperti ukuran baju, dari small (S) seperti Jazz dan Yaris, medium (Innova, Xenia, Panther), large (Ford Everest dan Toyota Fortuner), extra large (Toyota Alphard, Nissan Elgrand) dan yang tergolong luxury car (Ferrari, Porsche)," jelas Achmad.

Untuk cuci menggunakan teknologi snow wash hingga tambahan perawatan wax, mesin, dan interior ditawarkan dari mulai Rp30.000 hingga termahal Rp140.000 sekali perawatan. Itu baru cuci.

Kalau mau  perawatan poles, tempat ini menawarkan beberapa paket yang disebut  "Auto Detailing". Paket ini dibagi menjadi tiga perawatan utama mulai dari Car Sign, Car Show, Sampai yang tertinggi Car Crazy. Untuk setiap perawatan ini, mobil bisa siap dalam hitungan dua hingga tiga jam.

"Pengerjaan Auto Detailing, itu memang seharian. Tergantung dari berat dan ringan kondisi mobil. Tapi yang pasti kita detail dan itu yang membuat pekerjaan kita lama," terangnya.

Untuk perawatan ini, harga yang dipatok bervariasi. Mulai dari Rp550.000 untuk termurah untuk jenis mobil Small sampai yang termahal XL Rp1,5juta setiap perawatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com