Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Pilihan Pelek "Aftermarket" Favorit Mobil Murah

Kompas.com - 07/08/2015, 17:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menjamurnya toko pelek aftermarket di pasaran memudahkan masyarakat untuk mempercantik penampilan mobil kesayangannya. Mulai dari bentuk, desain, ukuran, merek, sampai harga yang ditawarkan pun beragam. 

Nah, Anda yang ingin mengganti pelek bawaan pabrik dengan produk aftermarket, toko Pusat Pelayanan dan Pelek Jaya Ban di Mega Glodok Kemayoran (MGK) lantai 6 Blok G2, Jakarta Pusat bisa menjadi referensi. Di tempat ini, ragam pilihan pelek yang dijajakan relatif cukup banyak.

Dari seluruh model dan desain yang tersedia, ternyata ada beberapa ukuran pelek favorit yang banyak diburu konsumen. Menurut Gino, sang pemilik Jaya Ban, banyak juga konsumen yang mengganti pelek standar menjadi lebih lebar, biasanya paling banyak memilih 15 inci dan 16 inci. Ukuran ini menjadi idola para pemilik mobil murah (Low Cost Green Car/LCGC) seperti Agya, Ayla, Karimun Wagon-R, dan Datsun GO Panca.

“Kalau Agya pelek aslinya 14 inci, biasanya diganti jadi 16 inci ukuran 195/45, tapi ada juga yang ganti ukuran 15 inci 185/55,” ujar Gino kepada KompasOtomotif, Jumat (7/8/2015).

Urusan harga, pria yang kental dengan logat Jawa ini menjelaskan, tergantung merek, motif, dan ukuran dari pelek yang diinginkan konsumen. Tapi, rata-rata untuk pelek 15 dan 16 inci dibanderol Rp 6 hingga Rp 7 jutaan. “Pelek ukuran 14 inci kita jual Rp 3,5 juta (4 buah), pelek 15 inci dijual Rp 5,5 juta. Modelnya macam-macam, ada yang buatan lokal dan Taiwan, tergantung selera konsumen,” kata Gino.

Harga ini sudah termasuk pelek dan ban, biasanya dibundel dengan produk dari Achilles. Hitungan lain berlaku jika mau memilih merek ban tertentu atau bisa juga membeli peleknya saja, tanpa ban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com