Kompas.com - 24/07/2015, 13:27 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif — Pertalite diluncurkan Pertamina untuk memenuhi kebutuhan pengendara yang menghendaki bahan bakar dengan pembakaran yang lebih baik, tetapi dengan harga relatif terjangkau. Namun, ada beberapa kriteria kendaraan yang "berhak dan pantas" minum bensin RON 90 itu.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dalam pengisian perdana Pertalite di SPBU COCO 31.102.02 Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, menyebutkan beberapa kendaraan yang disarankan mengisi bahan bakar jenis Pertalite.

"Pada dasarnya, bensin ini dibuat untuk memenuhi spesifikasi teknologi kebanyakan mobil masa kini. MPV kelas menengah, misalnya, cocok menggunakan Pertalite. Misalnya Avanza dan Mobilio, atau sepeda motor matik, seperti Mio atau Vario," kata Dwi.

Rasio kompresi

Namun, lebih jauh, Tri Yuswidjajanto, dosen Teknik Mesin ITB yang menjadi bagian dari tim peneliti Pertalite, mengatakan bahwa ada kriteria khusus, dilihat dari rasio kompresi mobil atau sepeda motor.

"Penggunaan bahan bakar memang harus disesuaikan dengan rasio kompresi. Terlalu rendah spesifikasi bahan bakar, maka akan berkurang tenaganya. Kalau terlalu tinggi juga tidak maksimal," ujar Yus, panggilan Tri Yuswidjajanto.

Secara lebih detail, Yus mengatakan bahwa RON 88 hanya untuk kendaraan berasio kompresi 9 ke bawah. Pertalite untuk kendaraan berasio kompresi 9-10. Kendaraan dengan rasio kompresi di atas itu, 10-11, cocok pakai BBM RON 92. Sementara itu, kendaraan dengan rasio kompresi 11-12 pakai RON 95.

Adapun rata-rata rasio kompresi mesin mobil atau sepeda motor saat ini adalah 9-11.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.