Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Honda Aman Teguk Pertalite

Kompas.com - 24/07/2015, 10:29 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Kehadiran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite langsung mendapat sambutan positif dari produsen sepeda motor. PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan, Pertalite cocok dengan semua jenis sepeda motor Honda.

Pertalite memiliki kandungan kadar oktan (RON) 90, atau lebih tinggi dari Premium. Angka tersebut dinilai AHM bisa  dikonsumsi seluruh sepeda motor Honda di Indonesia. Pasalnya, dibanding Premium, Pertalite akan membuat mesin lebih bersih,

"Jelas kami menyambut baik munculnya produk tersebut, karena akan semakin membuat mesin sepeda motor lebih bersih," ujar Wedijanto Widarso, General Manajer Divisi Teknik Servis AHM kepada KompasOtomotif, Kamis (23/7/2015).

Wedijanto memastikan,  sepeda motor Honda yang dipasarkan di Indonesia akan cocok dengan Pertalite. AHM biasa melakukan pengujian bahan bakar sebelum memasarkan produknya ke suatu daerah. Artinya, produk Honda juga sudah diuji menggunakan jenis BBM dengan oktan paling rendah.

"Kami selalu coba dari kadar RON yang paling rendah, seperti di Indonesia yaitu Premium yang mengandung oktan 88. Jadi jika muncul produk bahan bakar dengan harga yang berbeda tipis tapi memiliki kadar oktan lebih besar, lebih baik menggunakan itu apalagi yang sudah berkompresi di atas 9 yang biasanya dimiliki oleh kendaraan yang sudah fuel injection," ujar Wedi.

Hanya saja, bagi yang sudah menggunakan bahan bakar Pertamax dengan kadar oktan 92, sebaiknya tidak usah turun menggunakan Pertalite. "Selain bagus, membeli bensin Pertamax juga membuat pengendara tidak harus mengantri panjang di SPBU," kelakar Wedi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com