Kompas.com - 09/07/2015, 18:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif – Personalisasi Avanza milik Salman Al Farisi tergolong kreatif, ia bukan hanya mengubah MPV 7-penumpang itu makin elegan tapi punya hal unik dan menghibur. Total ada 10 layar monitor yang disematkan, dua di antaranya dipasang di lampu belakang.

Ide unik Salman datang ketika melihat ubahan orang lain memasang monitor di lampu depan. Menurutnya estetika penempatan itu masih kurang bagus, akhirnya ia memilih memasang di lampu belakang.

Kedua rumah lampu belakang dilubangi dan dibuatkan bingkai agar monitor ukuran 4,2 inci bisa masuk. Jalur kabel video tersentralisasi dengan headunit, jadi apa yang ditampilkan di kabin juga terlihat dari luar. Meski bentuknya kecil, sepertinya siapapun yang melihat gambar bergerak di lampu belakang Avanza seperti ini pasti setidaknya merasa penasaran.

Salman bilang monitor bisa jadi hiburan buat orang lain, malah katanya ketika nongkrong sering dipakai buat menonton film bersama teman-teman. “Seperti ini ada kepuasan tersendiri, bukan mau dipuji tapi bisa sedikit beda dengan yang lain. Di lampu belakang jarang dipikirkan, biasanya kalau ngejar best cinema orang cuma banyak TV saja, tapi tingkat kesulitannya gak dipikirkan,” kata Salman, Kamis (9/7/2015).

Febri Ardani/KompasOtomotif Ubahan Toyota Avanza
Hiburan buat orang lain cuma sebatas monitor kecil, sebenarnya mobil ini dipersonalisasi untuk memanjakan anak dan istri. Salman membagi kabin Avanza lansiran 2009 ini menjadi dua seperti limousine, ruang jok baris pertama untuk sopir dan sisanya buat penumpang. Di antara dua kabin dibuatkan sekat agar suara audio tetap maksimal, jadi jalur komunikasi antar kabin menggunakan interkom.

“Awalnya cuma modif mobil standar harian pakai pelek ring 17, audio yang biasa. Cuma kesini seiring punya anak, saya mau kasih kenyamanan sama istri juga. Akhirnya dicetuskan bikin konsep, kabin khusus untuk anak dan istri, elegan biar nyaman,” kata Salman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.