Kompas.com - 18/06/2015, 10:46 WIB
EditorAzwar Ferdian
Sentul, KompasOtomotif – Kecelakaan fatal yang dialami pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), M Fadli Imammuddin, 7 Juni 2015, masih menyisakan cerita. Fadli kini sedang menjalani perawatan di Jakarta untuk pemulihan cedera kaki parah yang dideritanya.

Sebelumnya, pebalap yang tampil di SuperSport 600 cc, Asia Road Racing Championship (ARRC) 2015 ini dirawat di RS Pertamedia Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Tim dokter yang menangani Fadli, langsung melakukan tindakan operasi untuk menyelamatkan kaki kiri Fadli yang dihantam keras oleh pebalap asal Thailand, Jakkrit Sawangswat.

Berdasarkan keterangan resmi, saat itu tim dokter langsung mengambil tindakan tepat dan cepat untuk menghindari amputasi kaki. Metode yang diterapkan menggunakan teknologi Teleradiologi, untuk menganalisa radiologi oleh para dokter sehingga tindakan amputasi tak sampai dilakukan.

Dokter Dany Amrullchdan, yang menangani Fadli di RS Pertamedika Sentul City menjelaskan bahwa program Teleradiologi menjadi salah satu teknologi terobosan yang dipakai untuk memberikan tindakan terbaik medis terhadap pasien.

“Teleradiologi adalah bagian dari telemedicine sebagai quantum leaps dalam mempercepat pembacaaan dan output analisamedis yang up to date, sehingga dapat dilakukan tindakan medis dengan cepat melalui lintas fungsional dan lintas subspesialistik,” kata dr Dany yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Pertamedika Sentul dalam siaran persnya, Kamis (18/6/2015).

Sementara itu, Bunjamin Noor, Direktur Utama RISER Corporindo yang berkolaborasi dengan REDtone MEX Malaysia sebagai implemen tor teknologi Teleradiologi menjelaskan, keakuratan dalam membaca analisa para dokter akhirnya bisa menyelamatkan Fadli dari kondisi kritis.

Ketua Umum PP IMI, Nanan Sukarna juga menyatakan terima kasih kepada dokter dan rumah sakit yang membantu penanganan Fadli sehingga kondisinya bisa terhindar dari kemungkinan terburuk. Diharapkan, penyelenggara balapan bisa bekerja sama dengan rumah sakit yang menerapkan teknologi Teleradiologi, karena membantu pebalap yang mengalami kecelakaan fatal seperti Fadli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.