Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Teknologi yang Selamatkan Kaki M Fadli

Kompas.com - 18/06/2015, 10:46 WIB
Sentul, KompasOtomotif – Kecelakaan fatal yang dialami pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), M Fadli Imammuddin, 7 Juni 2015, masih menyisakan cerita. Fadli kini sedang menjalani perawatan di Jakarta untuk pemulihan cedera kaki parah yang dideritanya.

Sebelumnya, pebalap yang tampil di SuperSport 600 cc, Asia Road Racing Championship (ARRC) 2015 ini dirawat di RS Pertamedia Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Tim dokter yang menangani Fadli, langsung melakukan tindakan operasi untuk menyelamatkan kaki kiri Fadli yang dihantam keras oleh pebalap asal Thailand, Jakkrit Sawangswat.

Berdasarkan keterangan resmi, saat itu tim dokter langsung mengambil tindakan tepat dan cepat untuk menghindari amputasi kaki. Metode yang diterapkan menggunakan teknologi Teleradiologi, untuk menganalisa radiologi oleh para dokter sehingga tindakan amputasi tak sampai dilakukan.

Dokter Dany Amrullchdan, yang menangani Fadli di RS Pertamedika Sentul City menjelaskan bahwa program Teleradiologi menjadi salah satu teknologi terobosan yang dipakai untuk memberikan tindakan terbaik medis terhadap pasien.

“Teleradiologi adalah bagian dari telemedicine sebagai quantum leaps dalam mempercepat pembacaaan dan output analisamedis yang up to date, sehingga dapat dilakukan tindakan medis dengan cepat melalui lintas fungsional dan lintas subspesialistik,” kata dr Dany yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Pertamedika Sentul dalam siaran persnya, Kamis (18/6/2015).

Sementara itu, Bunjamin Noor, Direktur Utama RISER Corporindo yang berkolaborasi dengan REDtone MEX Malaysia sebagai implemen tor teknologi Teleradiologi menjelaskan, keakuratan dalam membaca analisa para dokter akhirnya bisa menyelamatkan Fadli dari kondisi kritis.

Ketua Umum PP IMI, Nanan Sukarna juga menyatakan terima kasih kepada dokter dan rumah sakit yang membantu penanganan Fadli sehingga kondisinya bisa terhindar dari kemungkinan terburuk. Diharapkan, penyelenggara balapan bisa bekerja sama dengan rumah sakit yang menerapkan teknologi Teleradiologi, karena membantu pebalap yang mengalami kecelakaan fatal seperti Fadli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com