Gaji Bos Tesla Motors Elon Musk Cuma Rp 40 Juta Per Bulan

Kompas.com - 28/04/2015, 12:00 WIB
Elon Musk. Elon Musk.
|
EditorAris F. Harvenda
California, KompasOtomotif - Sebenarnya, besaran gaji yang diperoleh seorang petinggi perusahaan otomotif hanya menggambarkan secuil dari total pendapatannya dalam setahun. Namun, ketika penghitungan gaji diperoleh dari tambahan bonus dan pembangian saham perusahaan, besarnya gaji yang diterima Marry Bara, CEO General Motors senilai 1,6 juta dollar AS atau Mark Fields, CEO Ford Motor Company 1,7 juta dollar AS, masih terhitung sangat mewah.

Dilansir Autoblog (27/4/2015), salah satu petinggi perusahaan otomotif asal AS, Elon Musk, CEO sekaligus pemilik perusahaan secara mengejutkan punya gaji tahunan di bawah rata-rata upah minimum di California, AS. Menurut laporan keuangan perusahaan yang disampaikan pihak pemerintahan, gaji Elon Musk hanya 37.440 dollar AS (Rp 487,05 juta) sepanjang 2014 lalu. Jika dirata-rata, sekitar Rp 40 jutaan per bulan.

Jumlah ini sebenarnya sudah naik dari tahun sebelumnya yang, cuma 35.360 dollar AS. Pria kelahiran Afrika Selatan ini sepertinya punya kebiasaan menerima gaji kecil dalam pekerjaannya, hanya naik beberapa dollar dari gaji pertamanya, 33.280 dollar AS, awal 2013 lalu.

Tentu saja, bukan berarti Musk butuh uang banyak untuk membiayai kehidupannya. Menurut Auto Guide, kekayaan Musk saat ini ditaksir mencapai 6,2 miliar dollar AS atau Rp 80,6 triliun. Pada 2012, Musk memperoleh 78,1 juta dollar AS (Rp 1,015 triliun) berkat melonjaknya nilai saham Tesla di lantai bursa.

Jadi, meskipun rata-rata gaji tahunan Musk memperoleh gaji minim, secara keseluruhan apa yang diterimanya jauh di atas bos GM, Ford, atau bos prinsipal otomotif lain di seluruh dunia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.