Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelestarian Lingkungan ala Sepeda Motor Honda

Kompas.com - 19/12/2014, 13:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sukabumi, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri rangkaian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) 2014 dengan melakukan penanaman 12.000 pohon di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat, (18/12/2014). Jumlah itu melengkapi komitmen pelestarian lingkungan hidup tahun ini dengan menanam total 145.000 pohon sepanjang tahun.‎

Inilah bentuk dukungan perusahaan untuk upaya pelestarian lingkungan di Gunung Luhur, Cikuluwung, lingkungan Kasepuhan Ciptagelar, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat.

Diharapkan, penghijauan ini mampu merevitalisasi fungsi hutan sebagai resapan air demi terwujudnya lingkungan hidup lebih baik, salah satunya berfungsi menjaga debit air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro yang dibangun AHM untuk masyarakat adat Ciptagelar pada 2012.

Kegiatan ini dilakukan AHM bersama anak perusahaannya, yakni PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, dan PT Showa Indonesia Manufacturing. Jenis pohon yang ditanam adalah‎ damar, rasamala, puspa, akasia, dan mahoni.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menyatakan dalam siaran resminya (18/12/2014), selain menuntaskan misi penerapan teknologi injeksi di semua lini produk sepeda motor Honda, AHM juga aktif melakukan beragam kegiatan peduli lingkungan.

”Selain mewujudkan semangat peduli lingkungan, penanaman pohon kali ini merupakan upaya menjaga keberlangsungan pembangkit listrik mikrohidro yang sangat bergantung pada terjaminnya debit air. Selain sebagai resapan air, pohon ini nanti akan menjadi peneduh tanaman sekunder, termasuk kopi yang saat ini sedang dikembangkan masyarakat adat Ciptagelar,” ujar Muhibbuddin.

Untuk mendukung pemantauan pohon-pohon yang telah ditanam oleh masyarakat di kawasan penghijauan tersebut, AHM juga menyerahkan donasi berupa sepeda motor Verza 150R yang diserahkan kepada Ketua Masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar Kesatuan Adat Banten Kidul Ugi Sugriyana Rakasiwi.

Demi mengoptimalkan program pelestarian lingkungan, AHM mengembangkan laboratorium kultur jaringan yang mampu menghasilkan ribuan bibit berbagai jenis pohon. Dengan program ini diharapkan penanaman pohon dapat dilaksanakan secara berkesinambungan di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com