Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Naik, Mobkas Kompak Semakin Diburu

Kompas.com - 24/11/2014, 15:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Keputusan Presiden Joko Widodo menaikkan harga bahan bakar bersubsidi (Premium dan Solar) menjadi Rp 8.500 dan Rp 7.500 per liter sontak berdampak pada pasar mobil bekas (mobkas). Mobil-mobil berkapasitas mesin besar yang dianggap boros konsumen semakin ditinggalkan dan beralih ke segmen kompak.

"Mobil-mobil umum seperti Avanza, Xenia, apalagi Pajero, Fortuner, Camry, dan Accord terjadi penurunan drastis penjualannya sekarang di pasar mobkas. Kalau dihitung bisa mencapai 80 persen penurunannya," jelas Leovan Widjaja, pemilik gerai mobkas Auto11 di Karawaci, kepada KompasOtomotif, Senin (24/11/2014).

Kondisi ini, jelas Leovan, justru tidak terlalu berpengaruh pada pasar mobkas jenis kompak, yang termasuk di dalamnya, subkompak B (hatchback) seperti Jazz, Yaris, Mazda2, Fiesta, Rio, dan lainnya. Juga, termasuk mobil kota (city car) seperti Picanto, March, Mirage, Brio, dan Etios Valco.

"Hampir semua pedagang sekarang berburu sedan-sedan kompak (hatchback dan city car), stok mobil-mobil ini tidak lama berdiam di showroom, paling seminggu paling lama sudah terjual," beber Leovan.

Holomoan Fischer, General Manajer Mobil 88-anak perusahaan Grup Astra yang menangani mobkas, menambahkan, tren penjualan mobkas dengan harga Rp 250 juta ke bawah masih relatif baik. Beberapa model MPV, seperti Avanza dan Xenia memang mengalami penurunan harga di pasar, tetapi ini terjadi karena Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) tengah menggelontorkan diskon besar-besaran di pengujung tahun.

"Rumus harga mobkas itu selaras dengan diskon yang terjadi di pasar. Avanza masih bagus, jarang bisa ada mobil lain yang bertahan depresiasi harganya masih terbaik dari mobil baru menjadi mobkas," tukas Fischer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com