Astra Otoparts Bikin Rantai Motor Sampai ke Negeri China

Kompas.com - 19/11/2014, 13:00 WIB
Astra Otoparts KONTAN/ BaihakiAstra Otoparts
|
EditorAzwar Ferdian

Bogor, KompasOtomotif – Demi mengembangkan sayap bisnis, PT Astra Otoparts (AO) Tbk sampai harus membangun pabrik di Hangzhou, China. Peletakan batu pertama sudah dilakukan Oktober 2014 lalu, dan pabrik yang akan memproduksi rantai sepeda motor sebanyak 6 juta unit per tahun itu direncanakan mulai beroperasi November 2015.

Membangun pabrik sampai ke negeri orang tentu punya alasan rasional. Dijelaskan Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis AO Djangkep Budhi Santoso dalam Workshop Wartawan Industri dan Otomotif di Bogor, (18/11/2014), realisasi pabrik di China itu membutuhkan proses cukup panjang.

”Prosesnya memang melelahkan. Sebelumnya kami memproduksi dengan cara menyewa karena tidak dapat tanah di sana (China) sejak 2013. Akhirnya tanah sudah menjadi milik kita, dan mulailah dibangun sebagai aset,” terang Djangkep.

Dikatakan, sebenarnya AO sudah punya pabrik rantai sepeda motor di Indonesia, terutama untuk penggunaan rantai standar berbagai merek sepeda motor (OEM). Pabrik di China dibangun untuk pengembangan bisnis, yakni memproduksi rantai aftermarket untuk sepeda motor.

”Harganya bisa jauh lebih murah kalau produksi di China. Di sana, semua material lokal. Kalau di Indonesia, material harus impor, belum lagi bea masuk anti-dumping, nilainya sampai 40 persen lebih, sehingga nanti malah lebih murah komponennya daripada materialnya,” beber Djangkep.

Meski mulai dibeberkan, Djangkep enggan memberikan nilai investasi untuk membangun pabrik di China. AO memang sangat agresif tahun ini setelah mereka juga siap mengoperasikan banyak pabrik baru yang mulai dilakukan akhir tahun ini hingga sepanjang tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.