Indonesia Siap Geser Thailand Menjadi Pemimpin Otomotif ASEAN

Kompas.com - 13/05/2014, 09:19 WIB
Suasana IIMS 2013 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat Zulkifli BJSuasana IIMS 2013 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Menurut Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D Sugiarto, potensi Indonesia menggeser Thailand sebagai pemimpin penjualan mobil baru di ASEAN, tidak perlu diragukan lagi. Tolok ukur paling utama dinilai dari jumlah penduduk Indonesia yang jauh melampaui Thailand.

“Dilihat dari jumlah 250 juta rakyat Indonesia, potensi membeli kendaraan baru besar sekali, apalagi kalau income per kapita kita meningkat terus. Sekarang sudah di atas 4 ribu dollar, nanti jika sudah menyentuh 8.000 dollar, semakin pasti orang beli mobil. Saya yakin indonesia akan menjadi pemimpin di ASEAN, ” ujar Jongkie, di Jakarta, Senin (12/5/2014).

Keyakinan itu masih ditambah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kini di atas 5 persen. Kalau kondisi ini terus berlanjut maka penjualan mobil akan terus menanjak. Berarti masalahnya, hanya tinggal menunggu waktu buat Indonesia menjadi pemimpin industri otomotif di Asia Tenggara.  

2014
Dijelaskan, pada kuartal pertama (Januari – Maret), Indonesia sudah mengungguli Thailand. Salah satu faktor penyebabnya, gejolak politik di Thailand sangat mempengaruhi penjualan dalam negeri. Hal ini sedikit memberi keuntungan. “Kuartal pertama tahun ini kita sudah unggul, mudah-mudahan tahun ini kita unggul,” harap Jongkie.

Namun poin penting bukan cuma kebanggaan menang atas “persaingan” dengan Thailand. Jongkie mengingatkan, yang terpenting kondisi di dalam negeri. “Kita harus membuat industri otomotif kuat di dalam negeri. Tidak hanya jago kandang tapi juga nanti jadi basis pasar ekspor. Kita harus bisa menjadi eksportir kendaraan bermotor maupun komponennya. Tujuannya memang seperti itu,” pungkasnya. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X