Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Siap Geser Thailand Menjadi Pemimpin Otomotif ASEAN

Kompas.com - 13/05/2014, 09:19 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menurut Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D Sugiarto, potensi Indonesia menggeser Thailand sebagai pemimpin penjualan mobil baru di ASEAN, tidak perlu diragukan lagi. Tolok ukur paling utama dinilai dari jumlah penduduk Indonesia yang jauh melampaui Thailand.

“Dilihat dari jumlah 250 juta rakyat Indonesia, potensi membeli kendaraan baru besar sekali, apalagi kalau income per kapita kita meningkat terus. Sekarang sudah di atas 4 ribu dollar, nanti jika sudah menyentuh 8.000 dollar, semakin pasti orang beli mobil. Saya yakin indonesia akan menjadi pemimpin di ASEAN, ” ujar Jongkie, di Jakarta, Senin (12/5/2014).

Keyakinan itu masih ditambah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kini di atas 5 persen. Kalau kondisi ini terus berlanjut maka penjualan mobil akan terus menanjak. Berarti masalahnya, hanya tinggal menunggu waktu buat Indonesia menjadi pemimpin industri otomotif di Asia Tenggara.  

2014
Dijelaskan, pada kuartal pertama (Januari – Maret), Indonesia sudah mengungguli Thailand. Salah satu faktor penyebabnya, gejolak politik di Thailand sangat mempengaruhi penjualan dalam negeri. Hal ini sedikit memberi keuntungan. “Kuartal pertama tahun ini kita sudah unggul, mudah-mudahan tahun ini kita unggul,” harap Jongkie.

Namun poin penting bukan cuma kebanggaan menang atas “persaingan” dengan Thailand. Jongkie mengingatkan, yang terpenting kondisi di dalam negeri. “Kita harus membuat industri otomotif kuat di dalam negeri. Tidak hanya jago kandang tapi juga nanti jadi basis pasar ekspor. Kita harus bisa menjadi eksportir kendaraan bermotor maupun komponennya. Tujuannya memang seperti itu,” pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com