Kompas.com - 20/03/2014, 20:38 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Swanley, KompasOtomotif - Station wagon, sesuai dengan model, biasanya identik dengan mobil keluarga. Namun tidak demikian dalam benak tim balap British Touring Car Championship (BTCC), Honda Yuasa Racing. Juara BTCC 2012 dan 2013 ini memutuskan memakai Civic Tourer, untuk balapan musim 2014. 

Nyatanya, musim ini Civic Tourer menjadi satu-satunya sekaligus kontestan pertama yang berlaga dengan bodi station wagon, setelah Tom Walkinshaw Racing melakukannya bersama dua unit Volvo 850 pada musim 1994.

Civic varian Tourer memiliki panjang ekstra 235 mm dibanding versi hatchback, dengan kapasitas bagasi 147 liter. Selebihnya hampir tidak ada yang membedakan keduanya. Seluruh rekayasa desain dikerjakan oleh tim Honda Inggris dan Jerman.

Meski dirancang sebagai mobil keluarga, tentu spesifikasi menyesuaikan regulasi BTCC. Racikan mesin 4-silinder, 2.0 liter, turbocharger, diolah mekanik handal dan berpengalaman, Neil Brown. Jantung pacu tersebut mau menyemburkan tenaga lebih dari 300 PS, teknologi yang dibenamkan merupakan cikal bakal versi performa varian Civic Type R yang akan lahir tahun depan. 

Penasaran aksi Civic Tourer melibas Sirkuit? Simak video ini. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.