Laporan dari India

Perang Mobil Kompak di Delhi Auto Expo 2014

Kompas.com - 06/02/2014, 10:10 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Delhi, KompasOtomotif - Pameran otomotif terbesar di India, Delhi Auto Expo 2014 resmi digelar, mengusung tema "Mobility for All" di  India Expo Mart, Greater Noida, New Delhi, Rabu (5/2/2014). Sesuai karakteristik pasar di India, perhelatan ini dijadikan ajang adu kuat berbagai prinsipal dalam meluncurkan produk baru, terutama mobil kompak.

Datsun misalnnya, menjadi merek baru yang paling agresif di segmen mobil kota yang memang penjualannya cukup dominan di India. Merek bawaan Nissan ini baru saja menyatakan mulai memasarkan Go di ajang pameran, sekaligus menunjukkan konsep terbaru Redi-Go.

"Model selanjutnya yang kami akan pasarkan di India adalah Go+, juga tahun ini. Kami juga punya kejutan untuk model masa depan," beber Vincent Cobee, Global Head of Datsun.

Lokal
Tak mau ketinggalan dari produsen lokal, Bajaj Auto, menampilkan konsep terbaru, U-Car, dipameran kali ini. Mobil kompak dua penumpang ini berpenggerak semua roda (all wheel drive) dan bergerak dalam arah yang sama. Bajaj juga terus memasarkan RE60 yang hadir dalam beberapa pilihan warna dan corak baru.

Agung Kurniawan Mobil kompak terbaru dari Bajaj, masih konsep.
Masih dari merek lokal, Tata Motors menampilkan tiga mobil kompak konsep sekaligus yang  akan dipasarkan dalam jangka pendek. Model konsep ini antara lain, Zest, Bolt, dan ConnectNext. Ketiganya akan dibekali mesin 1.2 liter bensin. General Motors melalui Chervolet juga memperkenalkan konsep baru, Adra yang dipasangi mesin 4-silinder, 1.3L, dengan tenaga 77 PS.

Mahindra punya Quanto, SUV kompak yang menyasar kalangan menengah menawarkan teknologi transmisi 5-percepatan. Juga masih ada berbagai merek lain yang menampilkan jagoan masing-masing. Toyota misalnya baru melepas Corolla Altis, Honda memboyong Mobilio, NSX, dan Jazz terbaru. Juga tak ketinggalan Suzuki menampilkan S-Cross, Fiat memperkenalkan konsep Crossver baru  Avventura.

Agung Kurniawan Mercedes tak mau ketinggalan
Premium
Selain perang mobil kompak, beberapa merek premium juga tak mau ketinggalan ujuk kebolehan di pasar yang terus berkembang ini. Mercedes-Benz misalnya, memajang generasi terbaru S-Class ke India. Model ini bahkan belum dipasarkan ke Indonesia. Sesuai dengan segmennya, sedan termewah merek asal Jerman itu coba memanjakan pemiliknya dengan berbagai kelengkapan fitur.

Jok baris kedua bergaya semi-bucket dan captain seat dipadu dengan sandaran kepala seukuran bantal kecil sehingga mampu menopang kepala lebih nyaman. Layar interaktif ditempatkan di belakang sandaran jok depan.

Di sisi lain, Jaguar menampilkan konsep SUV kompak atau crossover CX-17 yang sempat mendebut di Guangzhou Auto Show 2013 lalu. BMW juga mulai memasarkan seri-3 di India, model terlarisnya di seluruh penjuru dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.