Merawat Mesin Diesel yang Harus Minum Solar "Buruk"

Kompas.com - 20/05/2013, 17:01 WIB
Mesin diesel berteknologi canggih perlu perhatian ekstra. Mesin diesel berteknologi canggih perlu perhatian ekstra.
EditorAris F Harvenda

Pekanbaru, KompasOtomotif – Pengguna mobil bermesin diesel canggih di Indonesia - terutama di luar kota besar - saat ini menghadapi dilema, kualitas bahan bakar yang tidak tidak memenuhi standar .Untuk mencari solar super yang dianjurkan, susahnya setengah mati. Padahal, mesin diesel sekarang lebih ramah terhadap lingkungan dibandingkan bensin.

”Jangankan solar super, yang biasa saja kualitasnya berbeda dengan yang dikirim ke kota-kota besar. Pemilik mobil bermesin diesel sekarang, teknologi commonrail, harus memberikan perhatian khusus untuk perawatan mesin," jelas Noerhidayat, Service Manager PT Pekan Perkasa Berlian Motor, dealer terbesar Mitsubishi di Provinsi Riau.

Dampak yang akan terasa jika mesin diesel canggih terus-menerus dicekoki solar buruk, performa akan berkurang. Bisa tersendat-sendat ketika di gas atau mengeluarkan kepulan asap hitam. Kondisi seperti itu, menandakan injektor terseumbat karena endapan sulfur.

”Paling bahaya, injektor mampet. Asap hitam dan tenaga mesin payah, semakin kentara. Kalau injektor sudah mampet, kemungkinan besar harus diganti. Biayanya sangat mahal. Misalnya, satu injektor Pajero Sport, Rp 2,8 juta. Kalau keempatnya rusak, tinggal hitung biayanya,” jelas pria yang akrab disapa Noer itu.

Nah, agar tak berdampak besar,  Noer memerikan tips:
1. Pasang filter solar ganda. Khusus bila mobil sering digunakan bepergian di luar kota besar. Dengan penyaringan lebih baik. Harga saringan sekitar Rp 100.000.
2. Sering mengganti filter solar. Selain dipasang ganda, frekuensi penggantian harus lebih sering. Misalnya, rekomendasi pabrik setiap 20.000 km, harus dijalankan  setiap 10.000 km. Cara ini cukup efektif mengurangi kerusakan injektor hingga 50 persen.
3. Memenggunakan diesel cleaner secara teratur atau setiap kali servis. Harganya tidak sampai Rp 100 ribu per botol (isi 500ml). Cukup efektif membershikan sistem pasiokan bahan bakar, termasuk injektor.
4. Sesekali, tangki bahan bakar dikuras untuk membersihkan endapan kotoran.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X