AHM Bangun Pembangkit Listrik Mikrohidro di Lampung

Kompas.com - 11/05/2013, 12:52 WIB
Masyarakat Suoh sudah bisa menikmati penerangan listrik Masyarakat Suoh sudah bisa menikmati penerangan listrik
EditorAris F Harvenda

Lampung, KompasOtomotif  – PT Astra Honda Motor (AHM) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 20.000 watt untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung. pembangunan ini hasil kerja sama dengan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Lampung dan Main Dealer Honda wilayah Lampung PT. Tunas Dwipa Matra.

Dengan memanfaatkan aliran air Sungai Putih, AHM mendirikan 2 unit PLTMH di Pekon Banding Agung dan Pekon Tugu Ratu yang masing-masing berkapasitas 10.000 watt. Dari muara Sungai Putih, turbin akan menggerakkan generator yang b isa menerangkan 150 rumah di dua desa, kecamatan Suoh, kabupaten Lampung Barat, provinsi Lampung.

Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan perusahaan berkomitmen untuk dapat terus berkontribusi memajukan taraf hidup masyarakat Indonesia. Pembangunan PLTMH ini merupakan salah satu bentuk implementasi yang juga merupakan tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pemberdayaan masyarakat.

"Wilayah Suoh memiliki potensi hasil pertanian yang baik, seperti kopi, kopra, merica, dan coklat. Dengan adanya PLTMH ini, kami berharap aktivitas perekonomian di Suoh akan semakin produktif. Dalam jangka panjang, kami yakin hal ini juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Suoh dan sekitarnya,” ungkap Kristanto dalam rilis yang diterima KompasOtomotif, semalam (10/5). AHM, lanjutnya, juga memberi bantuan alat pengering hasil pertanian yang digerakkan oleh listrik.

Selanjutnya, AHM berencana melakukan hal yang serupa untuk masyarakat di wilayah Banjar Puakan Kubutambahan, Buleleng, Bali dan Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Pembangunan PLTMH untuk masyarakat Suoh ini merupakan program kedua yang telah dilakukan AHM dalam rangka pemberdayaan kehidupan masyrakakat melalui pembangunan PLTMH. Sebelumnya, AHM telah membangun fasilitas sejenis untuk masyarakat adat Banten Kidul kasepuhan Ciptagelar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.