VW Bangun Pabrik di Indonesia Tahun Depan

Kompas.com - 10/05/2013, 19:40 WIB
Pekerja tengah melakukan cek terakhir. Meski untung awal tahun ini, bonus tetap ditahan. Pekerja tengah melakukan cek terakhir. Meski untung awal tahun ini, bonus tetap ditahan.
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Volkswagen AG memastikan akan membangun pabrik di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh prinsipal ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Berlin ketika mengunjung Jerman pada Maret lalu. 

"Pemancangan tiang pertama akan dilakukan tahun depan. Karena persiapan kini terus dilakukan," jelas Andrew di Puri Indah, Jakarta Barat, hari ini (10/5/2013).


Untuk merakit produknya di Indonesia, VW juga terus menyeleksi perusahaan pemasok komponen lokal. Persyaratan ketat, yaitu standar standar Eropa yang tinggi, merupakan tantangan tersendiri dalam menentukan pilihan pemasok.

"Sampai kini baru ada dua pemasok yang disetujui. Siapa pemasok dan apa produksinya,  belum bisa saya sampaikan," lanjut Andrew.

Pabrik VW di Indonesia, akan menjadi basis produksi untuk domestik dan Asia Tenggara. Agar kompetitif, VW harus bisa menjual produk seperti kompetitor yang sudah ada di pasar.

"Kalau mau kompetitif harus produksi di sini. Tanpa Indonesia,  target  menjadi merek terbesar di dunia tahun 2018, sulit terwujud," beber Andrew.

Untuk mendirikan pabrik, VW menggandeng Grup Indomobil sebagai mitra lokal yang sudah menyiapkan tanah  60 hektar. "Kami siapkan tanah. Berapa hektar yang akan dimanfaatkan, kami belum tahu," tutup Andrew.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.