Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Pengalaman Buruk Pemilik Rental Motor Bali karena Ulah WNA

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak turis asing yang menyewa motor di Bali dan bertindak semena-mena. Tak jarang motor sewaan yang digunakan para warga negara asing (WNA) itu kerap mengalami kerusakan.

Pun, tidak sedikit WNA yang menyewa motor melanggar lalu lintas di Bali. Tindakan tersebut juga sering kali merugikan pihak rental motor.

Putu Eriex, dari rental motor VRM Trans, mengatakan, pihaknya pernah mendapati motor yang disewa mengalami kerusakan. Penyewa awalnya bahkan tidak mau mengaku.

"Pernah ada turis asing perempuan sewa di kami selama seminggu. Entah bagaimana dia menggunakannya, ketika dikembalikan, motor lecet semua, padahal motor baru," ujar Eriex, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Kami tanya tamunya, awalnya tidak mengaku. Tapi, setelah kami tunjukkan video waktu awal sewa, dia baru mengaku. Dia ganti rugi meski tidak penuh, alasannya kehabisan uang," kata Eriex.

Eriex menambahkan, pernah juga mendapatkan motor yang disewa WNA terlantar di Amed Karangasem. Setelah lewat masa sewa, sang turis asing sulit untuk dihubungi.

"Chat aktif, tapi tidak ada respons. Setelah kami ancam akan sebarkan di media sosial foto paspornya, baru dikasih tahu motor ditinggal di Amed Karangasem," ujarnya.

Dewa Semara, dari Dewa Motor Bali Rental, mengatakan, pengalaman buruk setiap rental pasti ada. Menurutnya, sudah menjadi risiko juga dari usaha ini.

"Pernah motor ditinggal turis di pinggir jalan, hotel, bandara, tanpa ada kabar, bahkan sampai hitungan bulan. Terjadi kecelakaan tidak mau ganti rugi, perpanjangan masa sewa tidak dibayar, ini semua terjadi ketika saya belum menerapkan safety deposit," ujar Dewa.

Handi, dari rental motor Hal Rental Bali, mengatakan, ada WNA yang datang langsung ke kantor dan minta unitnya saat itu juga. Padahal, prosedurnya tidak bisa seperti itu, harus melalui Whatsapp dan mengisi formulir yang disediakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/14/080200715/cerita-pengalaman-buruk-pemilik-rental-motor-bali-karena-ulah-wna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke