Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Bus Jadi Towing Double Cabin, Bus Operasional Tim Balap

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada umumnya, tim balap akan menggunakan truk derek atau towing untuk mengangkut mobil balapnya. Tapi, berbeda dengan tim balap Primajasa BRD Offroad.

Tim balap ini menggunakan bus yang dimodifikasi menjadi bus towing dengan double cabin. Sehingga, tak hanya bisa mengangkut penumpang, tapi juga mengangkut mobil balap.

Tim ini berkompetisi di ajang balap adventure offroad. Mobil balap dengan rangka tubular dan mesin V8 tersebut memang dimensinya cukup besar.

Malik Mahpud, Direktur Operasional Tim, sekaligus pemilik bus towing ini, mengatakan, ide dan konsep datang dari ayahnya yang merupakan pemilik PO Primajasa.

"Bus ini dibuat di pabrik perbaikan karoseri milik Primajasa, dengan konsep memang untuk towing mobil," ujar Malik, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Malik mengatakan, bus towing ini tadinya untuk mengangkut mobil 6x6 milik pribadi. Tapi, proyek sempat berhenti beberapa tahun karena pandemi.

"Kebetulan mulai ikut balap adventure offroad, akhirnya proyek dilanjutkan. Bagian interiornya ada TV, AC, dan bisa untuk mengangkut penumpang hingga sepuluh orang," kata Malik.

Malik mengatakan, untuk balapan ke mana pun, timnya selalu menggunakan bus towing tersebut. Bus ini menggunakan sasis Hino AK8 yang merupakan sasis bus besar mesin depan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/27/102200215/modifikasi-bus-jadi-towing-double-cabin-bus-operasional-tim-balap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke