Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenperin Targetkan Poduksi Mobil Capai 1,6 Juta di Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin) menargetkan produksi mobil pada tahun ini mampu mencapai 1,6 juta unit, menyusul tren positif sektor otomotif di samping masih tingginya ketidakpastian global.

Hal tersebut diungkapkan Kasubdit Industri Alat Transportasi Darat Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Dodiet Prasetyo dalam diskusi bertajuk 'Tancap Gas Kejar Target Pasar Mobil 2 Juta Unit di 2023' di Jakata, Kamis (23/2/2023).

“Capaian produksi selama 2022 1,5 juta (mobil). Maka pada tahun 2023 kami berharap bisa mencapai lebih dari 1,6 juta," katanya.

Target ini, lanjut Dodiet, memang tidak terlalu besar karena masih terdapat uncertainty rantai pasok yang sana mempengaruhi industri ke depan.

Dengan demikian, dibutuhkan tambahan produksi 400 ribu unit untuk mencapai target produksi 2 juta unit di tahun 2025. Selanjutnya tahun 2030, produksi mobil ditargetkan mencapai 3 juta unit.

Meski demikian, Dodiet mengatakan pemerintah senantiasa mendorong industri untuk memperluas pasar ekspor.

Mengingat saat ini, dari total produksi yaitu 1,5 juta unit sepanjang 2022, sekira 400.000 unit di antaranya merupakan ekspor terutama ke wilayah ASEAN, Amerika Latin, serta Timur Tengah.

"Perluasan pasar ekspor tentu bisa meningkatkan target produksi yang ada," ucap dia.

Ia menambahkan, pada tahun 2030, pasar domestik ditargetkan menembus 2,1 juta unit. Sedangkan ekspor dibidik 900.000 unit.

“Pemerintah jaga supply chain, ini juga tantangan target produksi 2 juta (di tahun 2025). Dari sisi financial ada kemungkinan pengurangan bunga secara flat, karena mempengaruhi minat masyarakat beli produk,” kata Dodiet.

Target ini diyakini bisa dicapai karena rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih cukup rendah, yakni 99 per 1.000 orang. Artinya, pasar mobil masih berpotensi tumbuh positif ke depannya.

“Pemerintah bisa melakukan intervensi untuk meningkatkan kapasitas produksi dan penjualan mobil. Pemerintah juga mendorong peralihan mobil dari ICE ke elektrifikasi,” imbuhnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/24/173144915/kemenperin-targetkan-poduksi-mobil-capai-16-juta-di-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke