Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BERITA FOTO: Intip Motor Listrik MAB Seharga Rp 20 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) siap menambah jajaran kendaraan listrik berbasis baterai untuk pasar domestik, dengan menghadirkan sepeda motor listrik pada akhir tahun ini.

Model dan jenisnya, cukup beragam dari skuter sampai motor sport. Semuanya tengah ditampilkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, yang berlangsung 22-31 Juli 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Kita rencana November nanti lakukan produksi masal (dirakit) di pabrik kita di Demak. Artinya, aktivitas penjualan dimulai saat itu," kata Direktur Utama PT MAB Kelik Irwantono, di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Motor listrik MAB Electro EL03(KOMPAS.com/STANLY RAVEL)
Soal harga, ia memproyeksikan bahwa motor yang dikembangkan di Tiongkok ini akan berada di kisaran Rp 20 jutaan. Sebab beberapa komponen seperti baterai, controller, dan excel masih diimpor atau belum tersedia di Indonesia.

Lebih jauh, Electro EL03 sebagai skuter listrik berdesain kekinian dibanderol di bawah Rp 20 juta. Sementara EL02 yang mirip Vespa Primavera dipatok mulai sekitar Rp 17 jutaan.

Adapun sepeda listrik EScooter EL07C akan dijual seharga Rp 10 juta oleh PT MAB.

"Kira- kira ini harganya di bawah Rp 20 juta (skuter listrik). Model sport di atas Rp 20 juta, mungkin Rp 25 juta," kata Kelik.

Sementara terkait mekanisme baterai, Kelik mengaku akan dua mekanisme yang digunakan. Hal ini disesuaikan dengan jarak tempuh motor itu sendiri.

"Yang skutik baterainya kita siapkan dengan sistem swab dengan jarak tempuh 50 km. Untuk yang jarak tempuh 100 km akan kita siapkan dengan sistem tanam," jelas Kelik.

Sekilas mengenai Electro sudah disiapkan oleh MAB sejak 2020. Perusahaan ingin tak hanya berkutat menggarap kendaraan listrik untuk transportasi umum dan kendaraan niaga, namun juga menuju pasar yang lebih gemuk.

(Penulis Ruly Kurniawan | Editor Azwar Ferdian)

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/27/205916115/berita-foto-intip-motor-listrik-mab-seharga-rp-20-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke