Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Menyalip Sembarangan Senggol Mobilio di Tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di dunia maya memperlihatkan pengemudi bus ugal-ugalan di jalan tol. Bus tersebut menyalip sembarangan dan menyenggol mobil di depannya.

Dalam video yang diunggah akun TikTok satrya_budhy, terlihat bus ingin menyalip Honda Mobilio. Tapi karena di depannya ada truk, bus itu kemudian mengambil manuver terlalu jauh.

Bus kemudian menyalip dari sebelah lajur kiri dan menggunting ke kanan.

Menilik kejadian tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, dalam hal ini bus sudah pasti salah tapi pengemudi Mobilio juga tidak benar.

Dalam video terlihat Mobilio melaju di sisi kanan dalam kecepatan konstan sedangkan di depannya tidak ada kendaraan. Perilaku ini biasa disebut dengan lane hogger.

"Bus pencabut nyawa begini banyak di tol tapi pengemudi lane hogger tidak kalah banyak. Akhirnya terjadilah peristiwa memalukan yang bisa saling mencelakai," kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Sony mengatakan, bus salah karena menyalip kendaraan lain dari sebelah kiri sedangkan Mobilio berjalan konstan di lajur paling kanan yang semestinya hanya digunakan untuk mendahului.

"Bukan hanya bus, tapi semua kendaraan nyalip harus dari kanan, dan lajur kanan bukan milik pribadi tapi hak semua pengemudi yang akan mendahului," kata dia.

Sony mengatakan ada dua penyebab kenapa kedua kendaraan itu akhirnya bersenggolan. Kejadian tersebut sangat berbahaya di jalan tol karena kendaraan sedang berjalan dalam kecepatan tinggi.

"Mengacu ke video itu, Mobilio tanggung mau nyusul sekalian tapi karena napasnya pas-pasan jadi tidak bisa segera. Busnya juga tanggung sudah ngegas tidak mau angkat kaki dari pedal gas, takut kehabisan napas," katanya.

"Etikanya, Mobilio ke lajur kiri untuk kasih bus lewat," kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/02/084200115/bus-menyalip-sembarangan-senggol-mobilio-di-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke