Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Antisipasi Pencurian Sepeda Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian pencurian sepeda motor kembali terjadi di gang Winong,no 42 Ciledug kota Tangerang, Jumat (26/11/2021) sekitar pukul 19.35 WIB. Pelaku berhasil membawa kabur motor matik Honda Beat berplat nomor B 6542 VTK.

Rekaman cctv tersebut diunggah oleh akun instagram @kabarcileduk Jumat (26/11/2021). Sambil merokok, pelaku curanmor berhasil membawa kabur motor dengan menggunakan kuci khusus.

Untuk mengantisipasi agar terhindar dari kejadian tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan motor dicuri.

“Biasanya maling akan mencari posisi yang paling mudah untuk dijangkau. Jadi kalau mau parkir, cari tempat yang mengumpat,” ujar Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Kedua, lakukan kunci setang ke kanan. Posisi kunci setang ke kanan dinilai lebih aman meminimalisir pencurian. Sebab dianggap bisa menyulitkan maling untuk beraksi.

Pengecualian untuk motor sport, posisi setang motor ke kanan membuatnya menjadi sedikit menutup lubang kunci, sehingga cukup menyulitkan untuk memasukan kunci T.

Menurut Ribut, posisi setang ke kanan akan membuat maling menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk membobol kunci motor. Berbeda halnya jika posisi setang dikunci ke kiri.

“Posisi tersebut (setang ke kiri), lubang kunci tidak tertutup oleh setang. Sehingga waktu untuk membobol lubang kunci relatif lebih cepat,” katanya.

Ketiga, pasang kunci pengaman tambahan. Perangkat tambahan yang disarankan adalah kunci pengaman pada tuas rem. Cara kerjanya dengan mengunci tuas rem dan tuas gas agar tidak bisa digunakan.

Jadi, meskipun kunci setang bisa diakali dan motor bisa dihidupkan, tetap tidak bisa dijalankan karena tuas gas terkunci.

“Yang pasti kunci ganda lebih dianjurkan karena sudah terbukti bisa mencegah pencurian,” kata Ribut.

Keempat cabut CDI motor, hal ini adalah upaya terakhir jika tidak memiliki kunci pengaman tambahan. Pada motor-motor skutik yang masih mengadopsi sistem karburator, letak CDI biasanya mudah dijangkau. Biasanya dipasang di bawah bagasi, contohnya Honda Beat.

Saat komponen ini dicabut, mesin motor dipastikan tidak akan bisa menyala. Cara melepasnya pun terbilang mudah.

Kondisi ini dinilai bisa membuat maling berpikir dua kali untuk menggondol motor incarannya. Ukuran CDI yang relatif kecil dianggap tidak akan merepotkan untuk dimasukan ke tas atau bahkan ke kantong celana.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/27/142200815/begini-cara-antisipasi-pencurian-sepeda-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke