Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Truk Terjun ke Laut Akibat Pedal Gas Macet, Ini Saran dari KNKT

CILEGON, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan sebuah truk tercebur ke laut saat hendak masuk ke dalam kapal di Dermaga 7 Pelabuhan Merak. Truk tersebut sempat menabrak dan turut mendorong sebuah sepeda motor yang sedang terparkir.

Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (13/8/2021) siang sekitar pukul 12.30 WIB. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak AKP Deden Komarudin.

"Keterangan dari sopir, mobil truk mau masuk kapal, tiba-tiba pedal gas mobil tidak bisa kembali ngangkat, macet, kata sopirmya itu lengket," kata Deden mengutip Kompas.com, Sabtu (14/8/2021).

Ia juga mengatakan bahwa sopir truk sudah berusaha menghentikan kendaraan dengan menginjak rem hingga menimbulkan bekas ban pada permukaan jalan sepanjang kurang lebih 5 meter.

Saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/8/2021), Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan pun mencoba mengambil kesimpulan sementara mengenai kejadian tersebut.

"Truknya versi lama alias konvensional belum memakai sistem common rail. Sepertinya kabel accelerator yang menyambung ke injection pump tidak balik atau menyangkut. Saat jalan awal pakai gigi rendah, pasti menekan dalam pedal gas untuk mendapatkan torsi besar, tapi kemudian pedal gas menyangkut sehingga pengemudi panik," kata Wildan.

Wildan menyimpulkan demikian sebab pada rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan asap tebal yang ditimbulkan oleh truk. Asap tersebut bisa timbul karena injakan pedal gas yang dalam pada gigi rendah sehingga terjadi pembakaran tidak sempurna.

Jika pengemudi truk menghadapi hal semacam itu, Wildan menyarankan agar tetap tenang dan tidak panik. Injak pedal kopling, pedal gas, dan segera putar kunci kontak untuk mematikan mesin.

Namun yang paling penting, ia sangat menyarankan agar semua pengemudi melakukan tindakan preventif dengan inspeksi kendaraan secara menyeluruh sebelum mulai perjalanan.

"Tetap jangan lupa sebelum beroperasi lakukan pre-inspection dengan memeriksa (kondisi kendaraan) di antaranya adalah pedal-pedal," kata Wildan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/14/170200015/truk-terjun-ke-laut-akibat-pedal-gas-macet-ini-saran-dari-knkt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke