Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda, Vinales Pole Position, Marquez ke-20

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales berhasil meraih pole position. Pebalap Yamaha ini punya peluang menangi seri kesembilan MotoGP 2021 di Sirkuit Assen, Belanda.

Vinales berhasil mendominasi jalannya sesi latihan bebas dari FP1 hingga FP3. Sesi kualifikasi pun berhasil dikuasainya.

Vinales tak hanya sekadar meraih pole position. Pebalap asal Spanyol ini juga mencatatkan rekor baru lap tercepat di Sirkuit Assen. Catatan waktunya tembus 1 menit 31,814 detik.

Tak mudah meraih pole position ini. Vinales bersaing cukup ketat dengan rekan setimnya sendiri, yakni Fabio Quartararo. Pebalap asal Prancis tersebut yang pertama kali memecahkan rekor baru, sebelum dipatahkan lagi oleh Vinales.

Melengkapi barisan depan, ada Francesco Bagnaia yang nampaknya kembali kompetitif lagi. Performanya pada beberapa seri sebelumnya cukup menurun.

Pebalap Honda tercepat bukan dari tim pabrikan, melainkan tim satelit. Takaaki Nakagami akan start dari posisi keempat. Sementara posisi kelima, ditempati oleh Johann Zarco.

Miguel Oliveira yang juga patut diwaspadai akan berada di barisan depan nanti menempati posisi start keenam. Di belakangnya, ada Alex Rins di posisi ketujuh.

Jack Miller tak mampu berbuat banyak pada sesi kualifikasi ini dan akan start dari posisi kedelapan. Aleix Espargaro masih bisa bertahan di sepuluh dengan start di posisi kesembilan.

Melengkapi sepuluh besar, ada sang juara dunia MotoGP 2020, yakni Joan Mir. Posisi kesebelas ditempati oleh Pol Espargaro.

Valentino Rossi sudah berhasil langsung masuk sesi kualifikasi Q2. Namun, dia tidak bisa memperbaiki catatan waktunya dan akan start di posisi ke-12.

Marc Marquez juga kembali kesulitan lagi setelah meraih kemenangan pada seri sebelumnya. Bahkan, dia tidak lolos sesi kualifikasi Q1 dan akan start dari posisi ke-20. Kemungkinan besar kondisinya tidak prima setelah mengalami highside cukup keras pada sesi latihan bebas FP2.

Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2021:
1. M. VIÑALES
2. F. QUARTARARO
3. F. BAGNAIA
4. T. NAKAGAMI
5. J. ZARCO
6. M. OLIVEIRA
7. A. RINS
8. J. MILLER
9. A. ESPARGARO
10. J. MIR
11. P. ESPARGARO
12. V. ROSSI
13. I. LECUONA
14. J. MARTIN
15. L. SAVADORI
16. A. MARQUEZ
17. L. MARINI
18. D. PETRUCCI
19. E. BASTIANINI
20. M. MARQUEZ
21. B. BINDER
22. G. GERLOFF

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/26/201144715/hasil-kualifikasi-motogp-belanda-vinales-pole-position-marquez-ke-20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke