Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Moge Supersport Jadul, Kolaborasi Katros Garage dengan RC Motogarage

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor custom bergaya retro tidak harus cafe racer, scrambler, tracker, dan lainnya. Bisa juga dengan tetap bergaya motor sport, tapi kental dengan nuansa jadul alias klasik.

Belum lama ini, Katros Garage membangun motor custom dari basis motor supersport, Kawasaki Ninja ZX-6R lansiran 2014. Motor tersebut adalah milik Antonius Rangga, salah satu penggawa RC Motogarage.

"Ini adalah proyek kolaborasi antara katros garage dengan rc motogarage. Bukan custom seperti motor sport biasa, karena motor yang terbilang masih baru ini ingin dibawa mundur. Jadi, bentuknya itu seolah-olah seperti motor sport di tahun '80-an," ujar Andi Akbar, builder Katros Garage, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pria yang akrab disapa Atenx tersebut, mengatakan, ada beberapa poin yang ditekankan oleh Rangga, yakni motor sport dengan tampilan retro, tidak mengubah sasis, ergonomi, dan lainnya.

"Bagian kaki-kaki dan tangki tetap mempertahankan bawaan standar. Jadi, proyeknya dimulai dari cover belakang. Di bagian ini bentuknya kita buat seolah-olah single seat. padahal bagian joknya itu kita buatkan cover. Jadi, kalau cover-nya dilepas, ada jok yang bisa dipakai untuk boncengan," kata Atenx.

Materialnya sendiri tidak menggunakan fiber, melainkan pelat galvanis. Menurut Atenx, pelat galvanis itu diperbaiki atau direvisinya lebih mudah, tidak seperti fiber yang harus dicetak ulang.

"Untuk fairing, proses pembuatannya agak rumit dan paling memakan waktu lama. Sebab, dudukan fairing baru harus menyesuaikan dengan fairing lama. Materialnya juga pakai pelat galvanis," ujar Atenx.

Lampu depan pakai tipe halogen sesuai dengan konsepnya. Fairing juga dibuat tidak menutupi semua bagian mesin motor yang proyeknya diberi nama "Time Machine".

"Ubahannya sebenarnya sederhanya, hanya fairing dan buritan saja. Selain itu, knalpot juga ikut diubah menyesuaikan dengan konsepnya," kata Atenx.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/02/114200415/moge-supersport-jadul-kolaborasi-katros-garage-dengan-rc-motogarage

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke