Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Pasar LMPV, Sebelum Kedatangan Mitsubishi dan Wuling

Kompas.com - 22/05/2017, 08:03 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Segmen multi purpose vehicle bawah (Low MPV) di Indonesia, hanya tinggal beberapa bulan lagi akan kedatangan anggota baru, dari Mitsubishi dan Wuling. Meski begitu, gembar-gembor kedatangannya sudah marak sejak tahun lalu, dan semakin santer terdengar saat ini.

Sebelum keduanya datang, peta persaingan di segmen ini sepanjang Januari-April 2017 masih dikuasai oleh Toyota Avanza mencapai 50,67 persen, dengan total wholesales 47.619 unit. Angka tersebut mengalami kenaikan 11,81 persen dibanding periode yang sama 2016.

Namun khusus pada April 2017, Avanza mengalami penurunan 6,12 persen year-on-year (YoY), menjadi 11.906 unit. Ini merupakan penurunan pertamanya sepanjang 2017, yang juga menimpa beberapa MPV dari merek lainnya.

Terkait kedatangan MPV Mitsubishi khususnya, Toyota menyebut sudah memiliki cadangan amunisi baru, terutama ketika jagoan Mitsubishi tersebut sudah tampak mengancam eksistensi Avanza. Entah produk itu adalah model baru atau pembaruan model Avanza. Menarik ditunggu.

Kemudian pada posisi kedua ada Honda Mobilio, di mana pada periode yang sama (Januari-April 2017) jumlahnya mencapai 17.812 unit, naik 10,01 persen. Mengalami nasib serupa dengan Avanza, Mobilio juga ikut turun di April 2017, sebesar 17,51 persen atau menjadi 3.608 unit.

Daihatsu Xenia masih menempati posisi kunci tiga besar (Januari-April), memperoleh penjualan sebesar 13.920 unit. Kemudian dibelakang Xenia membuntuti Suzuki Ertiga, dengan pencapaian 11.783 unit atau turun 5,08 persen.

Hadirnya model baru Small MPV Mitusbishi dan Wuling, tentu memperpadat segmen ini. Masih belum ada yang memprediksi, apakah pasarnya yang akan meluas, atau tetap seperti ini, sehingga model lain yang harus rela berbagi pasar dengan dua model baru ini. Kita tunggu beberapa bulan lagi.

Ghulam/KompasOtomotif Penjualan LMPV Januari-April 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com