Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Basis Ekspor Terbesar Yamaha di Dunia

Kompas.com - 18/04/2017, 16:05 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meski di pasar domestik tidak begitu menonjol seperti rivalnya Honda, tapi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) cukup punya nama di kancah global. Indonesia disebut menjadi pengekspor terbesar di dunia untuk merek Yamaha.

Dyonisius Beti, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor, mengatakan, ekspor terbagi dalam dua era, mulai dari 1997 atau 20 tahun lalu. Baru kemudian berlanjut kembali pada 2014, dan menyasar pasar Eropa dan wilayah baru lainnya.

“Indonesia menjadi pabrikan terbesar untuk ekspor Yamaha di dunia, dan kami ekspornya ada dua kategori, pertama kali pada 1997 untuk produk umum atau satu jenis motor bisa diproduksi di Indonesia, Thailand, atau Flipina untuk diekspor ke negara lain lain, seperti Asia, Amerika Selatan, dan sebagainya,” tutur Dyon, Selasa (18/4/2017).

“Kemudian pada 2014, kami mulai memproduksi model global, di mana Yamaha mulai memberlakukan aturan satu tipe yang dipasarkan di seluruh dunia, hanya diproduksi di satu pabrik atau wilayah, dan itu adalah Indonesia,” ujar Dyon.

Sampai saat ini, Yamaha setidaknya sudah mengekspor setidaknya ke empat benua, dan lebih dari 40 negara di seluruh dunia. Model global yang diproduksi di Indonesia di antaranya R25, R3, NMAX, dan yang baru ini adalah XMAX 300/250.

Sampai saat ini total produk yang sudah diekspor Yamaha mencapai lebih dari 1 juta unit. Selain empat model global tersebut, masih ada lagi model yang masuk daftar ekspor Yamaha, seperti Force 115, Xabre 150, MT25, MT3, dan Soul GT 125.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com