Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan Honda Africa Twin 1000cc

Kompas.com - 04/02/2017, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) Indonesia resmi meluncurkan sepeda motor petualang CRF1000L Africa Twin. Model ini memiliki dua tipe, pertama, manual ABS dianderol Rp 464 juta dengan pilihan dua warna Victory Red dan Tricolor. Kedua, tipe DCT ABS dipasarkan dengan harga Rp 499 juta.

Dari jantung pacu, Africa Twin menggendong mesin 998cc parallel-twin yang diadopsi dari milik model off-road  CRF250R/450R. Kemudian juga dilengkapi dengan penggunaan 4 katup unicam head yang sama, yang diklaim bisa menghadirkan dimensi yang compact

Terkait dengan performa, torsi dan tenaga diklaim kuat di semua putaran mesin, disertai dengan karakter yang memuaskan saat di rpm tinggi. Memiliki jeroan mesin 270° phased crankshaft, bisa membentuk karakter tenaga yang berbeda, mengantarkan traksi ban belakang yang dikalim baik, disertai Biaxial primary balance shafts untuk menghilangkan getaran.

Ghulam/KompasOtomotif CRF1000L Africa Twin.

Disematkanya shift-cam, desain yang sama pada CRF250R/450R, box perpindahan gigi manual bisa terasa ringan, apalagi ditambah dengan assist slipper clutch.  Disediakan juga transmisi Dual Clutch Transmission (DCT), yang kontrolnya bisa dilakukan via tuas di sisi kiri setang, untuk pengoperasian manual.

Untuk mengawal perjalanan touring yang panjang, dipasang Suspensi berlabel Showa depan dan belakang yang bisa disesuaikan, dan dipasang radial dengan dual kaliper Nissin 4 piston serta 310mm rem cakram. Khusus di bagian belakang ada spring preload yang bisa diatur. CRF1000L Africa Twin menggunakan roda depan berukuran 21 inci dan belakang 18 inci.

Africa Twin dijanjikan mulai hadir April 2017, di sepuluh diler Big Wing Honda di seluruh Indonesia. Model ini ditargetkan bisa terjual 30 unit per tahun. AHM juga sudah menyiapkan aksesori High Wind Screen, LED Fog Lamp-Kit, Main Stand, Low Seat, Top Box 35 L Kit dan Panniers Kit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com