Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Baru Mitsubishi Sudah 100 Persen

Kompas.com - 25/01/2017, 20:07 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Mitsubishi memastikan pabrik barunya di kawasan industri GIIC, Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, siap beroperasi April 2017. Pajero Sport akan menjadi model pertama yang diproduksi, setelah itu baru menyusul small MPV terbarunya serta L300.

Imam Choeru Cahya, Head of MMC Salees and Marketing Group PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), mengatakan saat ini kesiapannya sudah cukup matang.

"Perlu diinformasikan, pabrik sudah 100 persen selesai, baik dari bangunan dan instalasi di dalamnya. Sesuai jadwal bulan April nanti akan mulai beroperasi untuk produksi massal Pajero Sport lebih dulu," ucap Imam di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (25/1).

Sampai saat ini, lanjut Imam, memang masih ada beberapa persiapan yang dilakukan, tapi lebih pada sumber daya manusia. "Proses produksi itu harus hire atau recruit orang, sesuai target awal akan ada 3.000 tenaga kerja di sana sampai 2018 nanti," kata Imam.


Kompoen Lokal

Dalam proses produksi ketiga modelnya, Mitsubishi juga mengklaim akan menggunakan material lokal mengikuti anjuran pemerintah. Untuk Pajero Sport, harapannya bisa mencapai 30 persen, sedangkan untuk small MPV dipastikan sampai 65 persen.

"Angka tersebut untuk tahap awal, jadi nantinya akan bisa bertambah persentasi penggunaan komponen lokalnya," kata Imam.

Setyo Adi/Otomania Lampu utama diposiskan di bemper.

Pabrik baru Mitsubishi di Indonesia ini akan memiliki kapasitas produksi maksimal 160.000 unit per tahun. Pembagian komposisi produksi terdiri dari Pajero Sport dan L300 30.000 unit dan small MPV Mitsubishi 80.000 unit per tahun. Rinciannya, 60.000 untuk kebutuhan domestik, dan sisanya ekspor.

"Tahap awal produksi XM Concept akan fokus pada kebutuhan domestik, tahun berikutnya akan menyasar pasar Asia Tenggara, dan juga beberapa negara Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Latin," ujat Intan Vidiasari, Head of MMC Public Relations Departement pada kesempatan yang sama.‎

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com