Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Mitsubishi Baru Rampung Bulan Depan

Kompas.com - 28/10/2016, 14:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Kudus, KompasOtomotif - Pembangunan pabrik baru Mitsubishi di Greenland International Industrial Centel (GICC), Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat sudah dimulai sejak akhir Maret 2016. Dijadwalkan, pertengahan bulan depan sudah rampung.

Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menjelaskan, konstruksi pembangunan mulai rampung. Perusahaan konstruksi sudah mulai menyerahkan ke PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) sejak pertengahan Agustus 2016.

"Sekarang MMKI sedang melakukan instal peralatan produksi," ujar Ishimaki menjawab pertanyaan KompasOtomotif usai peresmian diler mobil penumpang Mitsubishi di Kudus, Jawa Tengah, Kamis (27/10/2016).

Pria asal Jepang itu melanjutkan, semua perlengkapan dari mulai mesin, body press, painting shop, dan welding shop sudah selesai diinstal. Tahap selanjutnya, akan dilakukan penginstalan final assembly line equipment.

"Sudah 83 persen dari total assembly line sudah diinstal dan akan 100 persen pada pertengahan November 2016," ujar Ishimaki.

Jika sudah beroperasi, bisa memproduksi 160.000 unit per tahun dan bisa diekspansi sampai 240.000 unit. Pabrik ini terbesar ketiga Mitsubishi, setelah Jepang, dan Thailand yang total investasinya untuk tempat perakitan ini mencapai Rp 6,6 triliun.

Selain small MPV, pabrik tersebut juga akan memproduksi Pajero Sport, dan L300. Komposisinya 30.000 unit untuk Pajero Sport, 30.000 unit L300, dan 80.000 unit MPV sejuta umat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com