Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Mitsubishi di Indonesia, Bakal Punya Konsep Baru

Kompas.com - 17/10/2016, 15:45 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Pembangunan pabrik baru Mitsubishi di Indonesia dikabarkan 90 persen sudah akan rampung, dan siap untuk dioperasikan. Walaupun Mitsubishi Jepang sempat digoncang isu skanda emisi, namun tidak mengganggu pembangunan pabrik di sini, untuk selesai sesuai jadwal, yang berlokasi di Kawasan Industri GIIC, Deltamas, Bekasi.

Mengutip Nikkei, Senin (17/10/2016) pabrik baru Mitsubishi di Indonesia akan menampilkan seni baru dalam jalur perakitan pabriknya di sini. Ini diklaim akan membawa sistem produksi mobil masuk ke level selanjutnya di Indonesia. Harapannya pabrik ini akan menyumbang banyak keuntungan setelah rugi karena skandal emisi.

Khususnya untuk jalur produksi mobil multi purpose vehicle (MPV) yang akan diproduksi, posisinya sudah tidak lagi konvensional, di mana mobil yang diproduksi berbaris depan-belakang (end-to-end), melainkan berjajar atau bersamping-sampingan (side-by-side).

Dibanding dengan konsep lama, cara ini diklaim akan memperpendek jalur produksi dan mempersingkat gerak karyawan, yang ujungnya akan menghasilkan efisiensi.

Selai menggunakan sistem jalur perakitan baru, Mitsubishi juga akan menginstal perlengkapan pengecatan otomatis, sama seperti yang juga digunakan di pabriknya Okazaki, Jepang. Teknologi tersebut akan mengefisiensi proses pengecatan dengan bahan khusus, di mana akan mengirit penggunaan tenaga gas alam untuk pengeringan (mudah kering). Ini akan berkontribusi untuk mengurangi emisi karbondioksida di Indonesia.

Investasi untuk pabrik baru ini mencapai 66 miliar yen atau Rp 8,27 triliun, dan dijadwalkan akan beropersi di kuartal kedua atau keempat 2017. Pabrik baru yang didanai oleh Mitsubishi dan mitra lokal akan memiliki kapasitas tahunan 160.000 kendaraan. Model yang akan diproduksi yaitu MPV, mobil komersial L300 dan Pajero Sport SUV.

"Tunggu undangan kami April tahun depan (2017) untuk meresmikan pabrik baru kami," kata Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors di Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com