Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Ranger Hilang, Mitsubishi Triton Makin Melesat

Kompas.com - 15/11/2016, 10:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif Mitsubishi terus dominan di pasar pikap kabin ganda 4X4 bersama Triton, namun tahun ini ada yang beda. Triton makin perkasa karena salah satu alasannya berkaitan dengan kepergian Ford dari Indonesia.

Triton kehilangan salah satu pesaing, yakni Ranger yang penjualannya langsung drop begitu Ford mengumumkan angkat kaki pada Januari lalu. Sebelumnya dua model ini bersinggunan cukup intens karena sama-sama mengandalkan konsumen fleet.

Pada Oktober, pangsa pasar Triton mencapai 59 persen atau 650 unit, sebesar 70 persen pembelian berasal dari konsumen fleet. Imam Choeru Cahya, Head MMC Sales & Marketing Group Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), di Bogor, Sabtu (12/11/2016), menjelaskan, pencapaian itu didukung kepergian Ford.

“Makanya pangsa pasar kami meningkat sekarang sudah melaju hampir 60 persen,” ucap Imam.

Sektor besar pembeli pikap kabin ganda 4X4, pertambangan, sedang lesu tahun ini. Namun buat Mitsubishi ada suplai tambahan sebab pembeli fleet Ranger mulai beralih ke Triton. 

“Memang di pertambangan eksplorasi baru tidak sepesat dua tahun lalu. Tetapi kan ada peraturan penggunaan kendaraan maksimal tiga tahun, nah peremajaan inilah yang kami garap. Apalagi dengan mundurnya Ford, ada peluang meraup yang tadinya pakai Ford,” jelas Imam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com