Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Italia

Peugeot Scooter Speed Fight 4 Tantang BeAT dan Mio

Kompas.com - 12/11/2016, 12:42 WIB


Milan, KompasOtomotif
– Sulit dipungkiri kalau segmen skuter otomatis atau kerap disebut skutik menggiurkan di Indonesia. Bagaimana tidak, lebih dari 70 persen total penjualan sepeda motor di Indonesia-menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI)-adalah jenis motor “tanpa pindah gigi” ini.

Latar belakang ini juga yang membuat persaingan semakin ketat di segmen ini. Salah satunya adalah calon model baru Peugeot Scooter yang lagi ditimang-timang bakal dipasarkan ke Indonesia mulai 2017, yakni Speed Fight 4. Skutik ini punya bodi yang kompak, ringkas, dengan pelek 13 inci, dibalut ban (depan-belakang) 130, dipastikan bakal lincah di atas aspal.

KompasOtomotif berkesempatan langsung berjumpa dengan sosok Speed Fight 4 di ajang EICMA, Milan, Kamis (10/11/2016).  Dibekali mesin 125 cc, maka idealnya bakal bersaing dengan pemimpin pasar di Indonesia, Honda BeAT dan Yamaha Mio. Tenaga yang dihasilkan relatif lumayan, mencapai 11 tk.

Paling menarik adalah desain yang terasa lebih sporty ketimbang dua rivalnya yang sudah ada di pasar. Dilengkapi sepasang lampu LED dan ambiens cahaya putih di bagian depan fairing, memperkuat citarasa Perancis yang dikenal sebagai pusat kota seni di dunia.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Punya kelebihan dan ada juga kelemahan.

Meskipun, panel indikator yang dibekali skuter ini terasa terlalu sederhana, meski sudah digital. Menggunakan sok tunggal dengan tabung di belakang, menawarkan stabilitas tinggi untuk skutik di kelasnya.

“Sekali lagi, kami masih belum bisa bicara banyak soal kepastian dipasarkan atau tidak. Tetapi, minat dari kami tetap ada,” ucap Dhani M Yahya, Direktur Pelaksana Garansindo Technologies kepada KompasOtomotif, pada kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com