Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek-merek Mobil Indonesia Perebutkan Gelar Ini

Kompas.com - 03/10/2016, 16:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Singapura, KompasOtomotif – Merek-merek kendaraan roda empat yang berjualan di dalam negeri, mulai mendapat penilaian dari konsumennya, melalui riset yang dilakukan oleh JD Power, dalam kategori Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI) 2016, atau peringkat index kepuasan penjualan untuk merek massal.

Paling tinggi nilainya, maka merek tersebut akan mendapatkan gelar tertinggi dari sisi kepuasan penjualan terhadap konsumen. Dari sembilan merek kendaraan yang masuk dalam kriteria pengamatan, Daihatsu menempati posisi tertinggi di antara merek mobil lainnya dalam kepuasan pelanggan di Indonesia, dengan nilai 776. Kinerja Daihatsu menunjukkan hasil yang baik di seluruh faktor penilaian.

Sementara membuntuti pada posisi kedua ada Honda, yang berhasil mendapatkan nilai 772. Baru kemudian pada urutan ketiga terbaik, diisi oleh Mitsubishi, dengan nilai 769, dalam memuaskan konsumen, ketika melakukan pembelian mobil baru.

J.D. Power Peringkat Index Kepuasan Penjualan Merek Mass Market di Indonesia, dari J.D. Power.

Lalu di urutan keempat, kelima, keenam, ada Datsun, Nissan dan Toyota dengan nilai poin yang sama, di angka 768. Lalu di posisi kedelapan dan kesembilan atau paling buncit ada Mazda (766) dan Suzuki (764).

Indonesia SSI Study 2016 yang dilakukan periset otomotif terkemuka tersebut, berdasarkan respon dari 2.452 pemilik kendaraan baru, yang membeli kendaraan mereka di antara September 2015 dan Juni 2016.  Studi dilakukan antara bulan Maret hingga Agustus 2016.

Pengukuran penilaian kepuasan pemilik kendaraan baru tersebut, dilakukan dengan melihat pengalaman penjualan dan pengiriman dari dealer-dealer resmi di Indonesia, yang tentunya dirasakan oleh konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com