Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Motor Honda di Jepang Pulih Pasca Gempa

Kompas.com - 24/08/2016, 13:04 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Honda Motor Co., Ltd. mengumumkan bahwa usaha keras mengembalikan pabrik motor di Kumamoto, Jepang pasca gempa yang melanda beberapa bulan lalu telah berhasil. Sesuai target, pertengahan Agustus, pabrik yang memproduksi sejumah moge itu kini siap melanjutkan aktivitas produksi.

Seperti yang tertuang dalam siaran resmi dari Honda Jepang, (24/8/2016), produksi di pabrik Kumamoto harus dihentikan pada 14 April. Lalu pada 6 Mei, pabrik mulai beraktivitas untuk menyuplai komponen untuk produksi, dan 13 Mei, pabrik mulai merakit komponen penting.

Sebagai efek dari penghentian kegiatan di pabrik Kumamoto yang memproduksi model-model kunci, penjualan sempat mengalami penurunan terbesar pada awal Juni. Lalu, sejak itu, pasokan mulai berjalan dan naik kembali.

Sekarang, line produksi untuk sejumlah model kembali diaktifkan, dan sebagai hasilnya, produksi keseluruhan untuk semua model mulai normal pada 22 Agustus 2016.

Selain itu, di pabrik Yokkaichi, di mana kendaraan mini Honda diproduksi, juga kembali normal sejak adanya gangguan pasokan komponen yang diproduksi di Honda Kumamoto.

Honda menyatakan butuh waktu setidaknya setengah tahun untuk kembali memproduksi motor mini dengan jumlah normal. Honda pun muai mentransfer sebagian produksi bagian-bagian mesin kendaraan mini dari Kumamoto ke pabrik di Suzuka.

Dalam siaran resmi itu, Honda juga terus menyatakan harapannya untuk melakukan proses pemulihan secara keseluruhan sedini mungkin sebagai upaya tetap memasok produk kepada para pelanggan yang saat ini sedang menunggu pesananya sampai ke garasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com