Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar “City Car” Turun, Mitsubishi Pasrah

Kompas.com - 27/07/2016, 11:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mirage merupakan model mobil kota Mitsubishi yang ada posisi tiga besar penjualan city car tanah air, setelah Honda Brio dan Toyota Etios Valco. Pangsa pasarnya saat ini 16,1 persen, seperti pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Namun, pihak Mitsubishi tidak memungkiri kalau segmen ini sedang melemah, salah satu penyebabnya yaitu , berkembangnya segmen mobil murah (low cost gren car/LCGC). Meski begitu, tidak melunturkan semangat untuk terus menggairahkan pasar mobil kota.

“Kami juga tidak tahu transisi deman mobil kota sendiri seberapa. Di dalam segmen city car ada Mirage, kemudian di bawahnya ada LCGC. Karena LCGC bermain di harga rendah dan segmen itu yang lebih tumbuh dan demand-nya membesar, menyebabkan mobil segmen kompak A bisa menurun,” ujar Irwan Kuncoro, Operating GM MMC Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), di Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Irwan melanjutkan, meski begitu, penyegaran akan tetap terus dilakukan, yang penting posisi produknya value for money. “Pasar ini memang akan naik dan turun, dan pasrah kalau demand di segmen ini melorot. Ketika itu terjadi, yang kami lakukan adalah mempertahankan pangsa pasar saja,” ujar Irwan.

Irwan meyakinkan, kalau bagaimanapun, Mitsubishi akan terus menjaga Mirage, karena memang segmentasinya berbeda dengan LCGC. “Pastinya Mirage kami anggap value for money, bahkan keiritannya juga bersaing dengan LCGC,” ucap Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com