Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal Tahu Triknya, Mobil buat Mudik Bisa Irit BBM!

Kompas.com - 02/07/2016, 05:31 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com –  
Kemacetan sudah pasti terjadi selama arus mudik dan lebaran. Volume kendaraan selama arus mudik lebaran tahun ini diperkirakan juga meningkat dibandingkan tahun lalu.

Kemehub memperkirakan, kendaraan pribadi yang dipakai mudik pada tahun ini akan mencapai 2,4 juta mobil, naik 4,5 persen dibandingkan setahun lalu. Sepeda motor bahkan diperkirakan melonjak sampai 5,6 juta unit, melompat 50 persen dibandingkan tahun lalu.

Dengan angka-angka itu, kemacetan bisa jadi akan lebih panjang pada tahun ini. Nah, di tengah kondisi lalu lintas seperti itu konsumsi bahan bakar kendaraan terutama mobil jadi lebih boros dari biasanya.

Waktu tempuh jadi lebih lama dan mesin mobil yang hidup terus-terusan saat macet merupakan penyebab utama bahan bakar minyak (BBM) cepat terkuras.

Berikut ini sejumlah tips agar biaya perjalanan Anda tak cuma habis buat membeli BBM:

Strategi isi BBM

Hampir semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Indonesia mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Lokasi penyimpanan ini dan pilihan waktu mengisi BBM memiliki pengaruh terhadap pengeluaran untuk bahan bakar.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Petugas melayani pembeli bahan bakar minyak jenis baru, Pertalite, di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) hari ini mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp 8.400 per liter.

Saat temperatur tanah panas atau tinggi-–biasanya pada siang hari-maka cairan BMM jadi cepat mengembang atau menguap. Karenanya, mengisi BBM pada siang hari membuat jumlah BBM yang terisi ke dalam tangki kendaraan jadi lebih sedikit dibandingkan jumlah liter yang Anda beli.

Sementara itu, saat suhu tanah masih dingin--pada pagi dan malam hari--kemungkinan BBM mengembang dan memuai lebih kecil. Jadi, mengisi bensin saat suhu tanah dingin membuat jumlah bensin yang terisi ke dalam tangki kendaraan akan lebih sesuai dengan jumlah liter yang dibeli.

Hindari juga mengisi bensin saat kondisi tangki bahan bakar kendaraan sudah hampir habis. Lebih baik isi bensin saat tangki bahan bakar mobil  Anda  masih terisi setengah.

Semakin banyak bahan bakar di dalam tangki akan semakin sedikit udara ada di dalam tangki bahan bakar. Keberadaan udara di dalam tangki bahan bakar akan membuat BBM lebih cepat terbakar daripada biasanya.

Pemilihan rute

Bila jalur mudik utama padat dan macet carilah jalur alternatif lain yang lebih lancar. Tak masalah jalur tersebut lebih jauh jaraknya asal lancar.

Rute jalan yang lancar membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih irit ketimbang rute dekat tapi macet.

Hindari bawa barang bawaan berlebihan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com