Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Nissan, Giliran VW Dituduh Curang

Kompas.com - 14/06/2016, 07:24 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Seoul, KompasOtomotif – Pemerintah Korea Selatan menduga produk Volkswagen yang dipasarkan di negaranya, telah dimanipulasi, terkait emisi dan tingkat kebisingannya. Lebih dari dua lusin model yang diamankan, untuk dilakukan pemeriksaan, sebelum impor disetujui.

Mengutip Bloomberg, Senin (13/6/2016) produsen mobil asal Jerman ini dianggap memalsukan 37 laporan dari 26 model, yang diajukan kepada Institute Penelitian Lingkungan Hidup Korsel. Dari deretan model tersebut, dua di antaranya VW Golf dan Audi RS7.

Pihak Jaksa yang berkantor di Seoul Central District, berencana untuk melakukan pemanggilan pihak perusahaan, untuk dimintai keterangan terkait dengan dugaan pemalsuan tersebut.

Juru bicara Volkswagen Korea mengatakan, kalau pihaknya akan memenuhi panggilan, dan merespon penyelidikan yang dilakukan Jaksa. Sampai saat ini, VW masih menolak untuk berkomentar banyak terkait dengan kasus ini.

Mei lalu, pihak Kejaksaan Korsel melakukan kunjungan mendadak ke kantor VW di Seoul, atas kecurigaannya melakukan pemalsuan uji emisi. Dua lembaga yang menangani sertifikasi uji emisi juga ikut digrebek.

Sebelumnya, Korea Selatan melayangkan tuntutan kepada Nissan, karena dianggap melakukan kecurangan uji emisi pada model Qashqai. (Baca : Nissan Dituntut Pemerintah Korea Selatan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com