Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segmen Komersial Lebih Ideal Buat Tata Motors

Kompas.com - 09/06/2016, 10:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mengacu pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), penjualan mobil-mobil penumpang Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) terekam terakhir pada Desember 2015. Itu artinya, mulai 2016, wakil perusahaan otomotif terbesar asal India itu mulai konsentrasi pada mobil komersial.

Saat pertama kali memperkenalkan diri lewat Indonesia International Motor Show 2013 silam, TMDI membawa tiga mobil penumpang, yakni hatchback Vista, SUV Aria dan SUV Storme, kemudian diikuti model mobil komersial. Pada tahun pertama penjualan kedua segmen seimbang, namun pada tahun berikutnya kelihatan lebih berat ke mobil komersial.

“Stok unit mobil penumpang Tata kini sudah habis. Sementara impor belum dibuka lagi, kami masih fokus di mobil komersial,” ujar Wilda Bachtiar, Marketing Manager-Commercial VehicleTMDI, di Jakarta, Kamis (8/6/2016). Dikatakan WIlda, penjualan mobil penumpang hampir 500 unit.

Beralih ke mobil komersial merupakan pandangan realistis sekaligus bentuk penyesuaian pasar. “Nah, ketika pasar kondisinya sedang seperti apa ya kami menyesuaikan sehingga kami tidak hanya istilahnya jangka pendek, maunya jangka panjang,” jelas Wilda.

Ngomong jangka panjang kan berarti diler-diler kami harus berpikir strategi di mana pasar itu mengarah. Nah disitu kami main,” papar Wilda lagi.

Segmen mobil komersial dirasa lebih cocok dengan bisnis TMDI. Peralihan fokus ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 2015. Selama setahun penuh, kontribusi mobil komersial mencapai 80 persen. Model paling laris adalah pikap kecil, Super Ace.

Pada 2015, pasar TMDI tumbuh 32 persen. Padahal, seperti kita ketahui bersama, pasar otomotif nasional turun 14 persen.

“Seperti tahun kemarin, strategi kami cocok dengan hasil yang kami dapat. Komersial juga tidak semuanya bertumbuh. Hanya ada beberapa tipe, kami juga masuk di situ, yang bertumbuh,” kata Wilda.

Pencapaian TMDI pada 2015, sebesar 1.388 unit, itu di luar ekspektasi, ujar Wilda. Saat ini TMDI sedang sibuk mendatangkan model-model baru mobil komersial baru dan menambah jumlah diler menjadi 30 unit pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com