Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Siap Serap Ribuan Tenaga Kerja

Kompas.com - 04/05/2016, 07:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pabrik baru Mitsubishi di Kawasan Industri GIIC, Deltamas, Bekasi, mulai beroperasi awal 2017. Guna menunjang kapasitas ini, perluasan jangkauan jaringan penjualan dan layanan purna jual ditarget bisa mencapai 143 diler, sampai 2018.

Imam Choeru Cahya, Group Head MMC Sales Group MMC Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengatakan, dengan beroperasinya pabrik dan diler baru, otomatis lapangan kerja tercipta. Jika dijumlahkan, total tenaga kerja yang dibutuhkan guna mencapai target, hingga ribuan orang.

“Total pekerja yang dibutuhkan untuk pabrik (termasuk pemasok) mencapai 3.000 orang. Kemudian untuk jaringan, paling tidak memerlukan 10-15 mekanik per diler," ucap Imam di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Dengan terserapnya jumlah angkatan kerja, maka secara tidak langsung perekonomian negara bergerak. Aktivitas ekonomi jadi terbentuk, sehingga sektor ril bisa berkontribusi pada skala makro.

Imam melanjutkan, terkait dengan pemenuhan target diler, pihak perusahaan terus memantau perkembangan masing-masing daerah. Jika memungkinkan, jumlah tenaga mekanik bahkan bisa mencapai 20-25 mekanik di tiap jaringan aftersales.

“Dengan banyaknya kebutuhan tersebut, program pelatihan mekanik yang diselenggarakan Mitsubishi, akan bermanfaat untuk bisa menjaring pekerja dari siswa-siswa SMK yang memiliki kompetensi terbaik. Meski tidak seluruhnya pemenuhan tersebut diambil dari SMK,” ujar Imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com