Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenali Karakter Turbo di Generasi Baru Honda Civic

Kompas.com - 08/04/2016, 17:10 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Generasi terbaru Honda Civic menggunggah para pecinta sedan di Indonesia. Terutama bekalan mesin terbarunya, 1.5-liter VTEC turbo, bertenaga 173 PS @5.500 rpm dan torsi maksimum 219,6 Nm (22,4 kg.m) @ 1.700-5.500 rpm, membuat calon konsumen semakin penasaran.

Untuk mengetahui seperti apa karakter sedan ini setelah dibekali mesin turbo, PT Honda Prospect Motor (HPM) memboyong Yuji Matsumochi, Chief Engineer Global Development Assistant Leader All New Civic Honda R&D Company Limited, untuk berbincang dengan sejumlah wartawan.

Yuji Matsumochi, menjelaskan, mesin turbo pada Civic generasi kesepuluh itu mulai bekerja di 1.400 rpm dengan torsi maksimum di 1.700 rpm. "Sehingga konsumen tidak perlu merasakannya di rpm tinggi. Karakter ini juga yang membuat Civic lebih irit bahan bakar," ujar Yuji di booth Honda di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2016).

Aditya M/KompasOtomotif Yuji Matsumochi, Chief Engineer Global Development Assistant Leader All New Civic Honda R&D Co Ltd.

Pria asal Jepang itu melanjutkan, jantung pacu yang ada di Civic terbaru ini berpadu padan dengan transmisi CVT, sehingga mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi.

"Sistem ini memberikan akselerasi yang responsif, lebih halus dan performa maksimal serta konsumsi bahan bakar minyak yang efisien," ujar Yuji.

Tak hanya itu, efisiensi juga kata Yuji didukung fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja dan fungsi lainnya guna memaksimalkan penggunaan BBM. Fitur ECO Assist juga membantu memberikan petunjuk bagi pengemudi akan konsumsi BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com