Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban "Dieselgate", Volkswagen PHK 3.000 Pekerja

Kompas.com - 14/03/2016, 07:21 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Wolfsburg, KompasOtomotif
– Efek skandal uji emisi Volkswagen (VW) di Amerika Serikat (AS) alias “dieselgate” terus merambat. Kini, produsen otomotif terbesar di Eropa tengah ancang-acang untuk mengatatkan ikat pinggang perusahaan, dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 3.000 pekerja di Jerman.

PHK tersebut, seperti diberitakan laman reuters, Senin (14/3/2016) akan dilakukan VW di akhir 2017. Menurut sumber internal VW, langkah tersebut diambil untuk mengimbangi biaya kampanye penarikan kembali (recall) jutaan mobil di seluruh dunia.

Di negara asalnya, VW mempekerjakan sekitar 120.000 pekerja. Dari jumlah itu, divisi jasa keuangan mencakup sepertiga dari total karyawan di Jerman Barat.

“Sekarang ini VW mulai melakukan program efisiensi di semua bidang, termasuk biaya peronil,” ujar sumber tersebut.

Tak hanya itu, tahun ini VW juga telah memotong dana investasi senilai 1 miliar euro atau setara dengan Rp 14,5 triliun. Sehingga totalnya hanya 12 miliar euro sepanjang 2016 ini.

Bahkan, model yang tidak laku di pasaran akan dihentikan penjualannya. Terakhir, jadwal peluncuran produk baru juga ditunda di beberapa negara.

Termasuk salah satunya investasi di Indonesia yang tak kunjung berjalan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com