Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos VW di AS Lengser dari Jabatan

Kompas.com - 11/03/2016, 10:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Virginia, KompasOtomotif – Kasus kecurangan Volkswagen atas pengujian emisi bahan bakar mesin diesel di Amerika Serikat (AS) sama sekali tidak menunjukan tanda selesai. Langkah tegas kembali di ambil produsen mobil terbesar di Eropa itu, dengan melengserkan Presiden dan CEO Volkswagen Group of America Michael Horn dari jabatannya, Rabu (9/3/2016).

Pada keterangan resmi Volkswagen, menyatakan kalau keputusan itu dicapai atas “kesepakatan bersama”, tanpa penjelasan lebih lanjut. Volkswagen sepertinya ingin mengamankan pihak terkait “dieselgate” sebab situasi sekarang disorot banyak orang dan investigasinya semakin dalam.

Sebelum Horn, Martin Winterkorn mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Volkswagen AG pada September 2015. Winterkorn melakukan itu selepas mengakui telah mengelabuhi pengujian emisi.

Horn telah mengabdi pada Volkswagen selama 25 tahun, ia duduk di kursi CEO sejak Januari 2014. Jabatan peninggalan Horn akan diisi oleh Hinrich J Woebcken yang sebenarnya baru menjabat sebagai Head of the North American Region dan Chairman of Volkswagen Group of America. Dikatakan Woebcken efektif bekerja secepatnya.

“Saya mau personal mengatakan terima kasih untuk Michael Horn atas kerja hebat yang pernah ia lakukan buat merek dan dengan diler di AS,” ujar Herbert Diess, CEO of Volkswagen brand.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com