Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup VW Tumbuh Lagi di Tengah Skandal Emisi

Kompas.com - 15/02/2016, 10:37 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Reuters

Stuttgart, KompasOtomotif – Grup Volkaswagen (VW) kembali ke ”jalan yang benar”, mengalami pertumbuhan secara global pada Januari 2016. Pencapaian itu diperoleh saat perusahaan sedang bertahan menghadapi skandal emisi mesin diesel yang menimpa jutaan mobil VW di dunia.

Laporan terakhir, dikutip dari Reuters, Sabtu (13/2/2016), penjualan grup dengan 12 mereknya, termasuk Audi dan Porsche, naik 3,7 persen dengan 847.800 unit pada Januari 2016, atau kira-kira tumbuh 30.000-an mobil dibandingkan dengan perolehan pada Desember 2015.

Pada bulan terakhir tahun lalu, penjualan drop 5,2 persen, dan membuat secara total tahunan sebagai penurunan pertama penjualan dalam satu tahun sejak 2002. Tren negatif bermula pada April 2015, diperburuk dengan skandal diesel yang menjalar ke Amerika Serikat dan mendera 11 jutaan mobil.

Tren positif tahun ini berkat pasar China yang naik 15,4 persen, dan Eropa yang juga tumbuh 1,8 persen. Sementara di luar kawasan tersebut, penjualan anjlok, dan yang terbesar adalah Rusia dan Brazil yang terjun bebas 29,5 persen dan 38,8 persen.

Awal bulan ini, Volkswagen telah mengumumkan penundaan publikasi laporan keuangan 2015 dan menahan rapat tahunan pemegang saham. VW masih berusaha mencari besar kerugian yang diderita akibat skandal emisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com