Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Vitara Brezza Tanpa Teknologi "Hibrida Murah"

Kompas.com - 13/03/2016, 12:35 WIB
Aditya Maulana

Penulis


New Delhi, KompasOtomotif
– Di pasar otomotif India, Suzuki Vitara Brezza dijual dengan mesin diesel 1.3-liter DDiS, empat silinder yang bertenaga 88,7 tk dan torsi 200 Nm. Jantung pacu tersebut diklaim sangat irit, mencatatkan rata=rata konsumsi bahan bakar minyak (BBM) 24,3 kpl.

Ketika ditanya tentang penggunaan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), C.V. Raman, Executive Director, Engineering Maruti-Suzuki, mengatakan Sport Utility Vehicle (SUV) kompak itu tidak perlu dipasangkan teknologi hibrida murah.

“”Sebenarnya Vitara Brezza itu tidak perlu dipasangkan SHVS (teknologi hibrida murah Suzuki). Sebab, sudah memiliki efisiensi BBM yang tertinggi di kelasnya. Tetapi jika diperlukan sangat mudah dipasangkan,” ungkap Raman, seperti dilansir laman Indianautosblog, Minggu (13/3/2016).

Konsumsi BBM Vitara Brezza, lanjut Raman, tidak hanya tertinggi dari kompetitor di kelasnya. Jika dibandingkan dengan model Suzuki yang lain, tidak kalah irit. Semuanya berada di atas 20 kpl.

Secara dimensi, Vitara Brezza itu memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.640 mm, jarak sumbu roda 2.500 mm, dan memiliki ground clearance 198 mm.

Teknologi SHVS itu sendiri memiliki prinsip kerja yang sangat sederhana. Rangkaian sistem terdiri dari sebuah ISG (integrated starter generator), yang menghasilkan tenaga dari motor penggerak. Energi yang terbuang dalam sistem ini bisa dimanfaatkan kembali oleh sistem hibrida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com