Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vitara Brezza Murni "Made in India"

Kompas.com - 19/01/2016, 07:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Meski menyandang nama Vitara, Suzuki Vitara Brezza adalah produk yang berbeda. Vitara sudah diluncurkan dan diproduksi di Esztergom, Hungaria, sejak tahun lalu, sedangkan Vitara Brezza rencananya bakal mendebut di Indian Auto Expo pada April 2016.

Carscoops Suzuki Vitara lahir kembali, tapi sebagai crossover, bukan SUV murni.
Executive Director dan Insinyur Maruti Suzuki India Limited (MSIL) CV Raman mengatakan seperti dilansir The Indian Express, Sabtu (16/1/2016), Vitara Brezza adalah mobil pertama yang didesain, dikembangkan, divalidasi, dan dites, murni di India. Divisi penelitian dan pengembangan (R&D) MSIL mengerjakan proyek Vitara Brezza dengan nama kode YBA dimulai dari sketsa.

Proyek YBA mulai bergulir sejak 2011. Butuh tiga setengah tahun hingga akhirnya prototipe menjadi nyata. Raman mengungkap pengembangan YBA awalnya berupa tantangan dari Suzuki pusat.

“Sementara R&D India berkeja sama dengan tim global untuk berbagai model, dalam kasus Brezza semua keputusan dan penilaian mobil diambil oleh tim Maruti dan tidak ada validasi penilaian dari tim global Suzuki,” kata Raman.

Suzuki adalah salah satu pabrikan mobil terbesar di India dengan volume produksi mencapai 1,5 juta unit setiap tahun atau satu unit per 12 detik. Vitara Brezza jadi hal penting buat tim R&D MSIL, pasalnya jumlah pekerja terus bertambah dari 300 orang satu dekade lalu hingga sekarang menjadi 1.300 orang.

“Konsumen sedang berubah dan pasar menjadi semakin tersegmentasi. Kami harus mengarah ke setiap segmen,” ujar Raman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com